25.8 C
Manokwari
Rabu, Februari 21, 2024
25.8 C
Manokwari
More

    Program P5, Ajang Siswa SMAN 1 Manokwari Adu Kreativitas

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Siswa-siswa kelas 10 SMAN 1 Manokwari dalam sebulan terakhir mengikuti Proyek Penguatan Profil Pancasila (P5). P5 merupakan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yang bertujuan mendorong kreativitas siswa.

    Dari program tersebut para siswa menggelar pameran hasil karya yang mewakili setiap kelasnya. Seluruh kreasi juga berbasis ramah lingkungan.

    Kepala sekolah SMA N 1 Manokwari Lucinda Mandobar menjelaskan pameran tersebut merupakan hasil kreativitas siswa dengan memanfaatkan bahan limbah serta daur ulang.

    ”Karya kerajinan tangan yang dihasilkan bertema apa yang menjadi mimpi dan keinginannya terhadap Manokwari ke depannya. Untuk kelas X ada 15 kelas yang nantinya mendapat penilaian dari setiap kelas,” ujar Lucinda, Jumat (28/4/2023).

    Baca juga:  Papua Barat Siap Bersaing di Pesparani III Jakarta 2023, Ikuti 10 Kategori Lomba

    Dikatakannya, dengan adanya P5 diharapkan menumbuhkan kreativitas berpikir kritis, gotong-royong, bertoleransi serta kebhinekaan siswa. Agar mereka memahami lingkungannya sejak dini.

    ”Dengan hasil kreativitas setiap kelas, siswa juga akan mempresentasikan yang juga menghadirkan para orang tua siswa. Memang yang menjadi parameter penilaian adalah bagaimana proses kerjanya, makna dari karya yang dibuat tersebut. Termasuk kerja sama di dalam kelas tersebut,” tambahnya.

    Dengan turut menghadirkan para orang tua siswa, orang tua bisa mengetahui kreativitas dari setiap siswa. Yang terpenting kata Lucinda, adalah makna dari P5 tersebut.

    “Yakni untuk menjadi siswa yang berhasil tidak hanya dilihat dari kemampuan akademis, namun juga sikap dan kepribadian saat berada di tengah-tengah masyarakat,” imbuhnya.

    Baca juga:  Polda Papua Barat Gelar Apel Kesiapan Jelang HUT Pekabaran Injil Ke-168

    Kolaborasi Libatkan IYD

    Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu projek kurikulum merdeka belajar yang diinovasikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Sejalan dengan karakteristik projek ini, Indonesian Youth Diplomacy (IYD) Local Chapter Tanah Papua berkolaborasi dengan SMA Negeri 1 Manokwari dalam menyelenggarakan kegiatan P5 & Talkshow Kesehatan dan Gizi Remaja.

    Kegiatan diselenggarakan mulai dari Senin, 27 Maret 2023 hingga Jumat, 28 April 2023.

    Pada puncak kegiatan yang dilaksanakan di Aula SMAN 1 Manokwari pada Jumat, 28 April 2023 ini dibuka dengan pembacaan doa dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

    Baca juga:  Pastikan Stok Aman, Gubernur Papua Barat dan Forkopimda Cek Distributor Obat

    Kegiatan dilanjutkan dengan presentasi hasil kreativitas para siswa dengan memanfaatkan daur ulang limbah yang diwakili oleh 3 orang per masing-masing kelasnya, mulai dari kelas 10 A hingga 10 I.

    Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para siswa dapat mengenali dirinya sendiri, sehingga mampu bertanggung jawab atas kesehatan fisik dan jasmani mereka. Selain itu siswa mampu mengembangkan kreativitas, memiliki kemampun bergotong-royong, bertoleransi, serta menanamkan rasa kebhinekaan sejak dini sesuai karakteristik P5. (LP3/Red)

    Latest articles

    Hari ini Reshuffle, Hadi Ganti Mahfud, AHY jadi Menteri ATR/BPN

    0
    JAKARTA, linkpapua.com- Reshuffle kabinet akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu hari ini (22/2/2024). Ada dua kursi menteri yang akan bergeser. Keduanya yakni, posisi Menko...

    More like this

    Hari ini Reshuffle, Hadi Ganti Mahfud, AHY jadi Menteri ATR/BPN

    JAKARTA, linkpapua.com- Reshuffle kabinet akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu hari ini (22/2/2024)....

    Isu Reshuffle Besok: Hadi Diplot jadi Menkopolhukam, AHY Isi Kursi Menteri ATR

    JAKARTA,linkpapua.com- Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melakukan reshuffle kabinet, Rabu besok (21/2/2024). Isu yang...

    Pj Gubernur Ali Baham Beberkan Tantangan Berat Papua Barat Menuju Indonesia Emas 2045

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere mengatakan, ASN harus menjadi...