oleh

Pengurus Pimimara Papua Barat 2021-2026 Dilantik, Ketua Umum Titip “Tugas Khusus”

MANOKWARI, Linkpapua.com – Badan Pengurus Daerah Perkumpulan Intelektual Malamoi Indonesia Manokwari (Pimimara Papua Barat) periode 2021-2026 resmi dilantik, Jumat (28/5/2021).

Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua Umum Perkumpulan Intelektual Malamoi Indonesia, K. Kalasuat. Pada kepengurusan yang baru ini diketuai oleh Agus Kadakolo.

Ketua Umum Perkumpulan Intelektual Malamoi Indonesia, K. Kalasuat, mengatakan bahwa organisasi masyarakat ini sudah beberapa kali berganti nama. Dia juga menekankan alasan di balik pembentukannya.

“Kepengurusan ini dibentuk di Manokwari karena merupakan ibu kota Papua Barat. Ini merupakan wadah menghimpun intelektual Malamoi di Indonesia. Mewujudkan persatuan dan kesatuan Malamoi yang maju dan mandiri serta berdaya saing di bidangnya. Ini merupakan pilar masyarakat adat dan independen,” tutur Kalasuat.

Pada kesempatan ini Kalasuat juga menitip “tugas khusus”. Dia meminta agar seluruh pengurus mendukung penuh pemerintah. “Saya berpesan agar seluruh pengurus dapat mendukung pemerintah, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten,” pintanya.

Sementara itu, Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandancan, mengajak agar keluarga besar Malamoi di Manokwari raya maupun Papua Barat dapat bersama-sama membangun daerah.

“Papua Barat menjadi rumah bersama sehingga mari hidup rukun dan saling menghargai. Intelektual Malamoi jadi wadah yang dibentuk karena kesamaan aspirasi dan tujuannya agar dapat berpartisipasi dalam pembangunan daerah,” ucap Mandacan.

“Generasi intelektual merupakan orang-orang cerdas berdasarkan ilmu pengetahuan sehingga harus memiliki daya pikir yang tinggi dan dapat berikan solusi berbagai permasalahan masyarakat sesuai dengan kajian yang rasional dan bertanggung jawab,” tambahnya.

Gubernur berharap dengan adanya organisasi ini bisa menghimpun keluarga Malamoi dan suku lainnya. Dengan begitu, jika terjadi persoalan dapat bersama untuk diselesaikan.

Dalam kepengurusan ini terdapat sejumlah bidang, seperti sosial dan ekonomi, pengembangan sumber daya manusia (SDM), kesehatan, dan pemberdayaan perempuan. (LP3/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terkini