26.6 C
Manokwari
Senin, April 15, 2024
26.6 C
Manokwari
More

    Pemkab Tambrauw Genjot Peningkatan Produksi Komoditas Unggulan di Sektor Pertanian

    Published on

    TAMBRAUW, Linkpapua.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tambrauw melalui Dinas Pertanian (Distan) pada 2022 ini mengupayakan peningkatan produksi komoditas unggulan di sektor pertanian.

    “Komoditi unggulan yang kami anggap mampu meningkatkan produksi pertanian daerah Tambrauw diperkuat oleh pemerintah, seperti produksi minyak kelapa alam dan nilam,” kata Kepala Bidang (Kabid) Perkebunan Urusan Produksi dan Komoditi Distan Tambrauw, Cosmas Aibesa, melalui rilis yang diterima Linkpapua.com, Kamis (13/10/2022).

    Baca juga:  Pj Bupati Tambrauw Raih Medali Perak Bulu Tangkis Eksekutif Pornas XVI Korpri 2023

    Cosmas mengatakan. petani produksi di Tambrauw, khususnya Distrik Sausapor, tetap produktif meski saat masa pandemi Covid-19. Pihaknya pun meminta agar petani lebih giat dalam meningkatkan produksi pertanian.

    Dia menjelaskan, produk-produk pertanian Tambrauw memiliki kualitas yang sangat baik. Bahkan, sudah dapat bersaing dengan produk pertanian di luar daerah Papua Barat.

    Baca juga:  Pimpin Upacara HUT Teluk Bintuni, Ini Penekanan Kasihiw

    “Produksi pertanian yang diunggulkan, yakni minyak kelapa alam dan nilam. Tahun 2022 ini Kabupaten Tambrauw berhasil menyuplai 9.000 benih kelapa alam dan nilam. Masing-masing Kabupaten Raja Ampat mendapat 4.000 benih dan Kabupaten Sorong mendapatkan 5.000 benih,” beber Cosmas.

    Tidak hanya produksi benih kelapa alam dan nilam. Tambrauw mengekspor dua ton minyak produksi lokal ke Kota Surabaya, Jawa Timur.

    Baca juga:  Satlantas Polres Manokwari Gelar SIM Keliling, ini Lokasinya

    “Harapan kami semoga Pemerintah Kabupaten Tambrauw dapat menyediakan anggaran untuk produksi selanjutnya. Ini harapan masyarakat Tambrauw,” ujarnya

    Berdasarkan data IQFAST, volume ekspor komoditas perkebunan yang melalui Provinsi Papua Barat dari Januari hingga September 2022 mencapai 1.423.478 ton, yakni meningkat 52,32 persen dibandingkan dengan tahun periode 2020-2021. (*/Red)

    Latest articles

    Kapolda Papua Barat Angkat Bicara Soal Insiden Oknum TNI-Polri di Kota...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Pasca adanya perselisihan yang terjadi antara oknum TNI-Polri di Pelabuhan Kota Sorong pada hari Minggu (14/4/2024) Pagi, pimpinan dari institusi tersebut menjelaskan penyebab...

    More like this

    DPC PDI Perjuangan Tambrauw Buka Penjaringan Balon Kepala Daerah 

    TAMBRAUW, Linkpapua.com- Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) Kabupaten Tambrauw...

    Kasus Korupsi Hibah, Ketua PBVSI Papua Barat Ditetapkan Tersangka dan Langsung Ditahan

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Subdit III Tipidkor Ditreskrimsus Polda Papua Barat melakukan proses penyidikan terhadap dugaan tindak...

    Nicolas Uttung Tike Paparkan Peran Sentral Badan Kesbangpol dalam Agenda Politik

    Manokwari, Linkpapua.com- Staf Ahli Gubernur Papua Barat Nicolas Uttung Tike memaparkan peran sentral Badan...