25.9 C
Manokwari
Selasa, Juni 18, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Gandeng Unipa, Pemkab Tembrauw Gagas Pengembangan SDM Sektor Kehutanan

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Pemda Tambrauw dan Fakultas Kehutanan Unipa akan menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dalam meningkatkan sumber daya manusia bidang konservasi kehutanan. Unipa diharapkan bisa memberi sumbangsih edukatif di sektor ini.

    Staf Ahli Bupati Tambrauw bidang SDA dan Masyarakat Adat, Sepus M Fatem mengungkapkan dengan potensi yang dimiliki Tambrauw, masa depan sektor kehutanan akan sangat menjanjikan. Hanya saja ini membutuhkan SDM yang memadai.

    Baca juga:  Pemkab Tambrauw Genjot Peningkatan Produksi Komoditas Unggulan di Sektor Pertanian

    “Misi Pemda Tambrauw dalam menyiapkan SDM sehingga akan ada kerja sama pemda melalui dinas pendidikan dengan Fahutan Unipa untuk membuka program study D III konservasi kelas Sausapor. Ini untuk menyiapkan generasi muda Tambrauw agar bisa mendukung visi dan misi pemda. Ini menindaklanjuti nota kesepahaman yang sudah ditanda tangani sejak 2018 lalu,” ujarnya, Jumat (21/1/2022).

    Dia mengungkapkan pembukaan kelas D III berkaitan dengan kebutuhan SDM. Karena potensi yang di miliki Tambrauw membutuhkan sentuhan SDM.

    Baca juga:  Selamat! Distrik Sidey Juara Umum MTQ IX Tingkat Kabupaten Manokwari

    “Nantinya akan siap tenaga teknis dalam menunjang kebutuhan konservasi di Tambrauw. Karena di sana kita punya potensi penyu belimbing, sehingga jika ada yang ingin melihat penyu sudah ada ahli yang memandu dan memberikan informasi,” katanya.

    Para ahli nanti akan ikut mengedukasi masyarakat. Sehingga masyarakat terlibat aktif dalam menggali potensi daerahnya secara arif dan bijaksana guna memberikan manfaat yang berkelanjutan.

    Baca juga:  BPS Papua Barat Hadirkan Pojok Statistik di Kampus Unipa

    Fakultas Kehutanan UNIPA juga akan melakukan sosialisasi dalam perekrutan mahasiswa di 29 distrik di Tambrauw. Kelas perdana direncanakan pada Agustus mendatang.

    Fasilitas akan menggunakan fasilitas milik pemda. Tenaga pengajar yang disiapkan berjumlah 13 orang. Sistem pengajarannya 40 persen teori dan 60 persen praktek langsung ke lapangan. (LP3/Red)

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Jadi Khatib Salat Id di Manokwari, Serukan...

    0
    MANOKWARI, LinkPapua.com - Pj Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, salat Idul Adha 1445 H/2024 M bersama ribuan jemaah di lapangan Kodim 1801/Manokwari, Senin...

    Alumni Yapis Manokwari Sumbang 1 Ekor Sapi

    More like this

    Pj Gubernur Ali Baham Jadi Khatib Salat Id di Manokwari, Serukan Keteladanan Nabi Ibrahim

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Pj Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, salat Idul Adha 1445...

    Kurban di Masjid Nurul Qolbi Manokwari, Momen Pererat Silaturahmi Umat Beragama

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Jemaah Masjid Nurul Qolbi Amban Permai, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, melaksanakan...

    Alumni Yapis Manokwari Sumbang 1 Ekor Sapi

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Alumni Yayasan Pendidikan Islam (Yapis) Manokwari menyalurkan hewan kurban berupa sapi di sekolah...