24.8 C
Manokwari
Rabu, Februari 21, 2024
24.8 C
Manokwari
More

    Menuju Sidang Sinode 2027, Mambor akan Bangun Jalur Baru Pelabuhan-Ketapang Lima

    Published on

    WASIOR, linkpapua.com – Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor menggagas pembukaan jalur alternatif yang menghubungkan pelabuhan-Ketapang Lima. Ruas ini nantinya akan menyusuri pesisir pantai.

    Pembukaan jalur alternatif ini dirancang untuk menyambut pelaksanaan Sidang Sinode ke-19 GKI (Gereja Kristen Injili) di Tanah Papua pada 2027 mendatang. Jalur ini menjadi ruas alternatif untuk mengantisipasi kemacetan saat puncak hajatan besar itu

    “Kalau pembukaannya nanti di lapangan Miei, maka mesti ada jalan alternatif untuk atasi kemacetan saat 2027. Jadi rencananya akan dibuka jalan alternatif dari pelabuhan hingga Ketapang Lima lewat pesisi pantai. Sehingga saat pembukaan kita alihkan transportasi ke jalan baru itu, “jelas Mambor,
    pada pembukaan raker Klasis GKI Wondama di Wasior belum lama ini.

    Baca juga:  Puluhan Badan Usaha di Teluk Wondama Diklaim Belum Terdaftar di BPJS Kesehatan

    Mambor lantas menyinggung alternatif lokasi untuk upacara pembukaan Sidang Sinode ke-19 nanti. Jika acara pembukaan dilaksanakan di kawasan situs Batu Peradaban di Miei, Wasior maka bisa dipastikan akan terjadi kemacetan yang luar biasa. Hal itu lantaran hanya ada satu akses jalan dari dan ke kawasan itu.

    Karena itu menurut kepala daerah, dari sekarang perlu dipikirkan solusi untuk mengantisipasi kondisi demikian.

    Baca juga:  Pemerintah Siapkan Gudang Stok Pangan Atasi Kekeringan di Papua Tengah

    Mambor juga meminta seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) agar mulai mempersiapkan program dan kegiatan untuk mendukung pelaksanaan Sidang Sinode ke-19 GKI. Klasis GKI Wondama Kabupaten Teluk Wondama ditetapkan menjadi tuan dan nyonya rumah pelaksanaan Sidang Sinode GKI ke-19. Diperkirakan ada ribuan warga akan datang ke Wondama pada hajatan rohani tersebut.

    “Pembangunan di Wondama harus disiapkan untuk menuju Sidang Sinode 2027. Jadi jalan, jembatan, gedung-gedung gereja harus dipersiapkan dari sekarang juga sarana pendukung, “kata Mambor pada pembukaan raker Klasis GKI Wondama di Wasior belum lama ini.

    Baca juga:  Cerita Warga Detik-detik Mes KKP Manokwari Dilalap Si Jago Merah

    Mambor juga berharap semua OPD merancang inovasi sesuai bidang tugas masing-masing untuk mendukung kelancaran Sidang Sinode ke-19.

    “Saya sudah sampaikan kepada seluruh OPD agar menyiapkan inovasi-inovasi karena pada 2027, kalau di Waropen (Sidang Sinode ke-18) itu ada sekitar 10 ribu orang yang hadir, di Wondama saya pastikan paling kurang 20 ribu orang masuk ke Wondama. Ini tentu membutuhkan kesiapan kita. Tidak menunggu dekat dulu tapi dari sekarang kita persiapkan, “lanjut bupati. (LP9/red)

    Latest articles

    Isu Reshuffle Besok: Hadi Diplot jadi Menkopolhukam, AHY Isi Kursi...

    0
    JAKARTA,linkpapua.com- Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melakukan reshuffle kabinet, Rabu besok (21/2/2024). Isu yang beredar di Istana, ada dua pos menteri yang akan dirotasi, Yakni...

    More like this

    Isu Reshuffle Besok: Hadi Diplot jadi Menkopolhukam, AHY Isi Kursi Menteri ATR

    JAKARTA,linkpapua.com- Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melakukan reshuffle kabinet, Rabu besok (21/2/2024). Isu yang...

    Pj Gubernur Ali Baham Beberkan Tantangan Berat Papua Barat Menuju Indonesia Emas 2045

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere mengatakan, ASN harus menjadi...

    Sastrawan Pulo Lasman Simanjuntak Tulis Puisi untuk Presiden RI Terpilih

    JAKARTA, linkpapua.com- Penyair dan sastrawan, Pulo Lasman Simanjuntak menulis syair untuk Presiden RI terpilih...