oleh

Lantik Pengurus KKAMT, Hermus Bicara Sejarah Orang Maluku di Manokwari

MANOKWARI, Linkpapua.com – Kepengurusan Kerukunan Keluarga Ambon Maluku Tengah (KKAMT) Manokwari periode 2021-2026 resmi dilantik oleh Bupati Manokwari, Sabtu (22/5/2021). Pelantikan dilaksanakan di sela-sela HUT Pattimura ke 204.

Ketua KKAMT Manokwari Romer Tapilatu dalam sambutan singkatnya hanya berpesan agar kepengurusan KKAMT akan bergerak, bersatu dan maju. Mandat yang diberikan dalam kepengurusan juga akan berusaha dilaksanakan dengan baik.

Bupati Manokwari Hermus Indou mengatakan peringatan HUT Pattimura sebagai wadah strategis melanjutkan perjuangan Pattimura dan menyatukan warga Maluku di Manokwari.

“Pemuda Pattimura menghargai sejarah bangsa. Ke depan mari bersama membangun pemerintah yang kuat, tidak hanya birokrasi tapi juga dari dasar struktur politik dan sosial,” ujar Hermus.

Ia melanjutkan, pemkab berkomitmen merangkul semua suku yang ada di Manokwari dengan basis pembangunan kemasyarakatan, sosial dan keagamaan. Karena Manokwari merupakan pusat peradaban di tanah Papua.

“Apa yang kita lakukan hari harus tetap bersatu dan lepaskan faksi-faksi untuk membangun Manokwari,” ungkap Hermus.

Sementara itu Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan mengungkapkan bahwa keluarga besar Maluku memiliki sejarah yang panjang di Tanah Papua. Selain mengajarkan Injil, orang-orang Maluku juga mengajarkan baca, menulis dan berhitung bagi orang Papua.

“Keluarga Maluku memberikan kontribusi bagi tanah Papua dari berbagai sektor. Sehingga generasi yang ada saat ini tinggal melanjutkan apa yang sudah diletakan oleh orang tua kita. Kapitan Pattimura memiliki perjuangan untuk melawan penjajah dalam merebut kemerdekaan. Dengan merayakan HUT Pattimura menjadikan momentum Maluku tetap menyatu dalam hubungan pela gandong,” pesan Dominggus.

Dominggus juga berpesan agar pengurus KKAMT Manokwari yang baru dilantik dapat mengabdi dan melaksanakan program bagi masyarakat Maluku dan masyarakat lainnya di Manokwari. (LP 3/Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terkini