25.8 C
Manokwari
Jumat, Februari 23, 2024
25.8 C
Manokwari
More

    Kumpulkan 3.085 Kantong, Donor Darah Kolaborasi KITA Sabet Dua Rekor MuRI

    Published on

    JAYAPURA, LinkPapua.com – Donor darah massal dalam rangka Hari Pahlawan yang diinisiasi Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (Kolaborasi KITA) berhasil menyabet dua penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MuRI). Selama pelaksanaannya berhasil terkumpul 3.085 kantong darah.

    Penghargaan pertama, yakni rekor donor darah terbesar yang dilakukan komunitas. Kemudian, rekor kedua adalah donor darah di provinsi terbanyak, yakni donor darah secara pararel dalam kurun waktu dua minggu di 15 provinsi.

    Gabungan komunitas mobil, motor, fans club, dan paguyuban di Kota Jayapura, Provinsi Papua, berpartisipasi dalam menyukseskan pemecahan rekor donor darah massal ini.

    Komunitas yang terlibat, yaitu Aerox 155 Rider Club Indonesia (ARCI) Jayapura, Jayapura Avanza Xenia Community (JAXCOM), Yamaha MX Club Indonesia (YMCI) Jayapura, Yamaha R15 Club Indonesia (YR15 CI) Jayapura, Yamaha Vixion Club Indonesia (YVCI) Sentani, Yamaha Vixion Club Indonesia (YVCI) Jayapura, Viking Papua, Brionesia Chapter Jayapura, Brotherhood 139, Jayapura Orari Riders (JAPRI), dan Sigra Club Indonesia (SICI) Jayapura.

    Baca juga:  Sejumlah Tokoh Masyarakat Papua Kecam Perilaku Korupsi Lukas Enembe

    Donor darah massal yang merupakan bagian dari program program Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2022 ini digelar serentak di seluruh Indonesia timur mulai 29 Oktober hingga 13 November 2022 lalu.

    Kolaborasi komunitas bersama Palang Merah Indonesia (PMI) ini melibatkan 750 komunitas di 82 kabupaten/kota di Indonesia timur yang tersebar di 15 provinsi. Aksi sosial dengan tema KITA adalah Pahlawan ini menghasilkan 3.085 kantong darah dari total pendaftar 5.894.

    Baca juga:  Dominggus: Provinsi Boleh 6 di Tanah Papua, tetapi Pelayanan GKI Tetap Satu

    Donor darah massal di Jayapura telah berlangsung Minggu (13/11/2022) di Aula Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ), Kotaraja Dalam, Jayapura.

    Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, komunitas sebagai penyelenggara menyosialiasikan kepada masyarakat setempat dan kerabat terdekat manfaat donor darah bagi kemanusiaan, juga kesehatan.

    Riyanto Hartoyo selaku penanggung jawab kegiatan menjelaskan antusiasme masyarakat mengikuti donor darah cukup tinggi, jumlah pendaftar mencapai 80 orang.

    Namun, karena beberapa peserta tidak memenuhi persyaratan medis, hanya 58 orang yang berhasil mendonorkan. Sebanyak 58 kantong darah yang terkumpul dikelola PMI Kota Jayapura untuk memenuhi kebutuhan darah setempat.

    Baca juga:  Dituntut 10 Tahun, Terdakwa Kasus Pelanggaran HAM Berat Paniai Divonis Bebas

    Riyanto menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang turut berkontribusi dalam kegiatan ini, mulai dari anggota komunitas, masyarakat umum, hingga petugas PMI Kota Jayapura.

    “Ini menjadi event pertama yang dipegang langsung komunitas, terima kasih untuk semua yang telah berpartisipasi,” kata Riyanto dalam rilisnya, Kamis (8/12/2022).

    Apresiasi juga disampaikan kepada Kolaborasi KITA yang telah menginisiasi program luar biasa ini tiga tahun berturut-turut dan berhasil meraih penghargaan MuRI.

    “Ini tahun kedua bagi komunitas di Jayapura. Semoga di tahun mendatang jumlah partisipan dan kantong darah yang terkumpul bisa lebih banyak,” harapnya (*/Red)

    Latest articles

    Pleno di Distrik Kokas Fakfak Diduga Dimanipulasi, Suara Uswanas dari 119...

    0
    KOKAS,LinkPapua.com– Pleno rekapitulasi perolehan hasil suara Pemilu 2024 di Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua Barat diduga dimanipulasi. Sejumlah caleg melaporkan suaranya berkurang, sementara ada...

    More like this

    Kampanye di Papua Pegunungan, GSP Ajak Menangkan Prabowo-Gibran Satu Putaran

    WAMENA,LinkPapua.com- Ratusan relawan Gerakan Sekali Putaran (GSP) Provinsi Papua Pegunungan mengajak warga di Kecamatan...

    Pj Gubernur Papua Ridwan Rumasukun Luka di Kepala Terkena Lemparan Batu

    JAYAPURA, linkpapua.com- Penjabat (Pj) Gubernur Papua Ridwan Rumasukun ikut terluka akibat terkena lemparan batu...

    Waterpauw Kenang Awal jadi Pj Gubernur PB: UU Otsus Ditolak, tapi Akhirnya Didukung

    MANOKWARI, linkpapua.com- Paulus Waterpauw berbicara tentang awal-awal dirinya diangkat menjadi Pj Gubernur Papua Barat....