26.6 C
Manokwari
Senin, April 15, 2024
26.6 C
Manokwari
More

    Lucky-Anang Kembali Pimpin AJI Jayapura

    Published on

    Jayapura, linkpapua.com-Lucky Nehemia Ireeuw – Anang Budiono kembali terpilih memimpin Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jayapura Periode 2022-2024 pada konferensi yang berlangsung Sabtu (21/5/2022) di Hotel Grand Abe. Pasangan Lucky-Anang menang atas pasangan Musa Abubar-Timoteus Marten.

    Pasangan Lucky-Anang meraih 11 suara. Sementara pasangan Musa-Timo dengan 7 suara. Anggota AJI sebanyak 32 orang yang tersebar di beberapa wilayah di Papua.

    Meski diwarnai dengan perdebatan terkait tata tertib dan pengesahan anggota baru dari Manokwari dan Merauke serta Jayapura, namun jalannya pesta demokrasi di tubuh AJI Jayapura tetap berlangsung dalam suasana kekeluargaan.

    Baca juga:  Polres Teluk Bintuni Turunkan Water Canon Atasi Debu di Proyek Jalan

    Sementara itu, anggota AJI yang baru disahkan sebanyak 7 orang meliputi, 4 orang dari kota Jayapura, 1 orang dari Manokwari dan 2 orang dari Merauke.

    “Kegiatan ini adalah Konferta ke-IX AJI Jayapura. Pasangan petahana Lucky -Anang kembali terpilih setelah meraih suara terbanyak dari pasangan Musa-Timo. Saya mengucapkan selamat untuk seluruh pasangan. Kemenangan ini merupakan kemenangan bersama dalam menjalankan roda organisasi menjadi lebih baik kedepan” kata Yoso Muliawan perwakilan dari AJI Indonesia bidang Organisasi yang memantau jalannya konferta.

    Baca juga:  Kapolda Papua Barat Jamin Netralitas Jajarannya Pada Pemilu 2024

    Sebelum pelaksanaan Konferta, diawali dengan diskusi publik dan kampanye kebebasan dan perlindungan pers di Papua. Menghadirkan narasumber dari penerangan Kodam XVII Cenderawasih, Humas Polda Papua serta akademisi dari Universitas Muhammadiyah Papua.

    Lucky dan Anang menyatakan pada periode pertama kepemimpinannya di AJI Jayapura terdapat sejumlah kegiatan yang telah terlaksana. Yakni memfasilitasi pembentukan Perkumpulan Bantuan Hukum Pers Papua, kampanye kebebasan pers dan advokasi kasus kekerasan terhadap jurnalis di Papua.

    Adapun pada periode kedua memimpin AJI Jayapura, Lucky dan Anang berjanji akan melanjutkan sejumlah program seperti pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan, pelatihan bagi wartawan untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalitas di era keterbukaan informasi serta mendampingi jurnalis warga untuk menghasilkan konten yang berkualitas dan cover both side atau berimbang.

    Baca juga:  Anjungan Papua Barat di TMII Digagas Jadi Laboratorium Seni-Budaya

    “Fokus kami pada periode yang kedua adalah menata organisasi AJI Jayapura menjadi lebih baik, meningkatkan kompetensi wartawan serta jurnalis warga dan terus memberikan advokasi untuk menjamin kebebasan pers di tanah Papua,” tutur Lucky. (Rls/red)

    Latest articles

    Kapolda Papua Barat Angkat Bicara Soal Insiden Oknum TNI-Polri di Kota...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Pasca adanya perselisihan yang terjadi antara oknum TNI-Polri di Pelabuhan Kota Sorong pada hari Minggu (14/4/2024) Pagi, pimpinan dari institusi tersebut menjelaskan penyebab...

    More like this

    Kapolda Papua Barat Angkat Bicara Soal Insiden Oknum TNI-Polri di Kota Sorong

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Pasca adanya perselisihan yang terjadi antara oknum TNI-Polri di Pelabuhan Kota Sorong pada...

    DPC PDI Perjuangan Tambrauw Buka Penjaringan Balon Kepala Daerah 

    TAMBRAUW, Linkpapua.com- Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) Kabupaten Tambrauw...

    Halal bi Halal, Pj Gubernur Ali Baham Bicara Pentingnya Mendorong Produksi Pangan

    MANOKWARI, linkpapua.com-Pemerintah Provinsi Papua Barat bersama Pemerintah Kabupaten Manokwari menggelar halal bi halal di...