25.9 C
Manokwari
Selasa, April 16, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Kampung Argosigemerai Teluk Bintuni Terpilih Jadi Desa Cantik di Bintuni

    Published on

    BINTUNI, Linkpapua.com – Kampung Argosigemerai Satuan Permukiman (SP) V, Distrik Bintuni Timur, Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, menjadi satu dari 262 desa/kampung yang terpilih oleh Badan Pusat Statistik (BPS) untuk dicanangkan sebagai Desa Cinta Statistik atau disingkat Cantik.

    Kepala BPS Teluk Bintuni, Audhy Valentino, dalam kegiatan yang berlangsung di Aula Kampung Argosigemerai, Kamis (14/7/2022),
    menyampaikan bahwa program Desa Cantik ini merupakan inovasi yang dilakukan BPS.

    Progam ini selama dengan semangat satu data Indonesia, yaitu mewujudkan keterpaduan perencanaan pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan.

    Baca juga:  BPS-BRIN Kolaborasi Lakukan Kajian Kualitatif Pembangunan Ekonomi Hijau

    Pencanangan program Desa Cantik bertujuan secara umum untuk membina, membangun, serta meningkatkan kompetensi aparatur desa setempat agar mampu memahami statistik.

    Audhy mengatakan, ke depan Kampung Argosigemerai akan menjadi desa binaan guna meningkatkan kompetensi aparatur desa dalam pengelolaan dan pemanfaatan data sehingga perencanaan pembangunan desa lebih tepat sasaran.

    Sementara itu, mewakili Bupati Teluk Bintuni, Staf Ahli Bidang Hukum, Iwayan Sidia, mengatakan desa saat ini tidak lagi sekadar menjadi objek melainkan sudah menjadi subjek krusial sebagai ujung tombak pembangunan nasional.

    Baca juga:  Hermus Sambut Kedatangan Fajar Fathur Rahman, Penggawa Timnas Peraih Medali Emas SEA Games

    Dengan demikian, kata dia, desa maupun kampung harus memiliki data yang lengkap dan akurat agar program yang ditawarkan nantinya dapat menjadi tepat sasaran.

    Desa atau kampung yang dipilih sebagai pilot project program Desa Cantik diharapkan mampu mengembangkan potensi dengan memanfaatkan data yang lengkap secara akurat.

    Oleh karenanya, berbagai kebijakan dan pembangunan yang dilakukan harus mampu menjawab permasalahan yang sedang terjadi di desa atau kampung.

    Baca juga:  Bupati Manokwari Lantik 2 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Yonadap Sraun dan M. Irwanto

    “Pencapaian kinerja pembangunan tidak akan dapat berhasil dengan baik tanpa ada dukungan data yang akurat. Terima kasih kepada BPS Bintuni atas program yang baik ini,” ujarnya.

    Kegiatan yang dihadiri Kepala DPMK Bintuni, Kepala Distrik Bintuni, perwakilan Diskominfo Bintuni, jajaran aparatur desa/kampung, serta Babinsa, juga dirangkaikan penandatanganan piagam sekaligus penyerahan piagam Desa Cantik oleh Kepala BPS Teluk Bintuni kepada Sekretaris Kampung Argosigemerai SP V. (LP5/Red)

    Latest articles

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari menggalang donasi sebagai aksi peduli terhadap bencana longsor yang melanda...

    More like this

    Polres Teluk Bintuni Panen Perdana Jagung, Hasilnya Dibagikan ke Masyarakat

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Polres Teluk Bintuni melakukan panen jagung di kebun Bhayangkari, Senin (5/4/2024). Ini merupakan...

    Mediasi Kelar, Pemilihan Kepala Kampung Sara Teluk Bintuni Segera Digelar

    TELUK BINTUNI,Linkpapua.com - Polres Teluk Bintuni memediasi permasalahan antara Kepala Distrik Kaitaro Feky Feneteruma...

    Irigasi Jebol, Kampung Waraitama Teluk Bintuni Kembali Terendam Banjir

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Hujan dengan intensitas tinggi sejak beberapa pekan lalu menyebabkan jebolnya irigasi di...