28.9 C
Manokwari
Selasa, Mei 28, 2024
28.9 C
Manokwari
More

    Ini Reaksi DPRD Bintuni Soal BP Tangguh Blacklist Tenaga Kerja Lokal

    Published on

    BINTUNI, Linkpapua.com- Komisi B DPRD Teluk Bintuni menanggapi laporan soal tenaga kerja lokal yang diblacklist BP Tangguh. Dewan menilai kecenderungan ini keliru dan bisa menimbulkan gejolak di masyarakat.

    “Karena itu kita akan undang pihak-pihak terkait agar masalah ini segera dicarikan solusi. Ini saya kira sensitif karena menyangkut masa depan adik adik kita,” ujar Ketua Komisi B Markus Maboro saat menerima KNPI dan perwakilan pencaker siang tadi.

    Ia mengatakan, keberadaan tenaga kerja lokal itu penting. Bukan sekadar memberi ruang bagi anak-anak lokal. Tapi akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi daerah.

    “Kan akhirnya nanti gaji mereka berputar di daerah. Tetapi kalau pekerja dari luar daerah Bintuni uangnya tidak berputar di daerah. Tetapi berputar di daerah lain” ungkapnya.

    Baca juga:  Pertemuan Pemkab Teluk Bintuni dan BP Tangguh, Ini Deretan Tuntutan Warga Suku Sebyar

    Sekretaris Komisi B Suyono menyampaikan hal serupa. Ia mengatakan, harusnya anak-anak lokal mendapatkan prioritas dalam kesempatan kerja. Bukan justru diblacklist.

    “Saya lihat memang ada kecenderungan mengesampingkan tenaga lokal. Terbukti di Bandara Babo setiap minggu tenaga kerja hilir mudik berdatangan. Terus nasib adik-adik kami ini bagaimana. Saya kira ini masalah,” katanya.

    Suyono mengaku sudah pernah mempertanyakan hal itu kepada BP Tangguh. Menurut mereka, ada banyak faktor yang membuat tenaga kerja lokal tidak diakomodir belakangan ini.

    “Jawaban mereka simpel. Katanya ada Covid. Pengurangan karyawan. Tetapi saya bilang kenapa harus mendatangkan pekerja dari luar. Alasan mereka, mereka itu pekerja skill. Sehingga ini perlu kita bersama-sama mencari solusinya,” paparnya.

    Baca juga:  PMK2 Nomor 2, Petrus Kasihiw : Lanjut Dua Periode

    Suyono menyarankan agar ke depan Disnaker Kabupaten Teluk Bintuni harus membuat regulasi agar penerimaan tenaga kerja satu pintu. Ini untuk mendeteksi tenaga kerja ini berasal dari mana.

    Selain itu, Suyono juga berharap agar anak-anak Bintuni menjadi pekerja skill. Mereka harus dibentuk lebih profesional untuk bisa terserap lebih mudah di industri.

    Sementara itu, Tokoh Pemuda Fransiskus Ulukyanan menuturkan, begitu banyak persoalan yang berkaitan dengan tenaga kerja. Padahal P2TIM telah mencetak alumni dari angkatan pertama hingga angkatan yang kedelapan. Mereka ini adalah tenaga profesional yang punya skill.

    Baca juga:  Simulasi CAT Seleksi CPNS-PPPK, Bupati Manokwari: Agar Nanti Tidak Grogi

    Sayangnya, masih cukup banyak yang belum terakomodir. Ada sekitar 700 orang yang tak tertampung.

    “Sesuai data yang seperti disampaikan tadi oleh ketua KNPI ada sekitar kurang lebih 600 sampai 700 yang belum diakomodir” katanya.

    Diungkapkan Ulukyanan, bahwa keberadaan Kabupaten Teluk Bintuni sendiri sudah menjadi wilayah industri. Sudah banyak perusahaan-perusahaan yang beroperasi dan menyerap tenaga kerja

    Seharusnya kondisi ini dapat berpengaruh kepada angka kemiskinan. Minimal angka kemiskinan Bintuni bisa terus lebih baik.

    “Sesuai data dari BPS di Tahun 2020 angka kemiskinan di Teluk Bintuni berada pada 29,39 persen atau turun 1,18 persen dengan jumlah penduduk miskin sebanyak 19,22 ribu,” imbuhnya. (LP5/red)

    Latest articles

    Dominggus Mandacan Resmi Terima Rekomendasi DPP NasDem Maju Pilkada Papua Barat...

    0
    JAKARTA, Linkpapua - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem menyerahkan surat rekomendasi kepada Dominggus Mancadan untuk maju bertarung pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Papua...

    More like this

    Dominggus Mandacan Resmi Terima Rekomendasi DPP NasDem Maju Pilkada Papua Barat 2024

    JAKARTA, Linkpapua - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem menyerahkan surat rekomendasi kepada Dominggus...

    Wahidin Puarada Terima Surat Tugas DPP PAN Maju Pilgub Papua Barat  

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Wahidin Puarada resmi menerima surat tugas dari Dewan Pimpinan Pusat Partai...

    Raker Forum Intelektual Risaturi, Kuatkan Sinergi dan Inovasi Antar-Suku di Teluk Bintuni

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Forum Intelektual Kuri, Wamesa, Irarutu, Sumuri (Risaturi) Bersatu menyelenggarakan Rapat...