27 C
Manokwari
Minggu, Mei 19, 2024
27 C
Manokwari
More

    KNPI Soroti Rekrutmen di BP Tangguh, Anak-anak Bintuni Banyak Di-Blacklist

    Published on

    BINTUNI, linkpapua.com- Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Teluk Bintuni menyoroti kebijakan BP Tangguh yang saat ini cenderung mengabaikan kehadiran tenaga kerja lokal. Banyak anak-anak Teluk Bintuni di-blacklist pihak perusahaan.

    “Kami sangat menyesalkan, adik-adik kita sempat menyampaikan hak-hak mereka. Mereka ingin bekerja. Tetapi mereka di-blacklist di tanah sendri dan jadi penonton,” kata Ketua KNPI Teluk Bintuni Kenny Kindewara saat bertemu Komisi B DPRD Teluk Bintuni, Senin (25/10/2021)

    Kenny datang bersama Perwakilan Alumni P2TIM. Mereka hendak mempertanyakan prosea rekrutmen tenaga kerja di BP Tangguh yang tak transparan.

    Menurut Kenny, mereka sangat ingin kembali bekerja di BP Tangguh. Hanya saja masih ada persoalan di internal yang membuat mereka sulit terakomodir.

    Baca juga:  Disnakertransdas PB Puji Bp Indonesia Penuhi Hak-hak Pekerja Selama Proses Demobilisasi

    “Hingga saat ini itu tidak terselesaikan. Akhirnya mereka tidak diterima di BP Tangguh,” tandasnya.

    Disampaikan Kenny, ini menjadi tanggung jawab bersama. Tidak adil membiarkan anak-anak Sisar Matiti tidak tertampung di perusahaan yang seharusnya memiliki komitmen membangun generasi setempat.

    “Ini mereka malah jadi penonton di rumah sendiri. Ini tidak boleh dibiarkan. Pemerintah serta dinas tenaga kerja harus melobi ke setiap perusahaan yang bertambah di Teluk Bintuni agar dapat mengurangi angka pengangguran adik-adik kami,” kata Kenny.

    Kenny juga meminta Komisi B segera mengundang pihak pihak terkait. Di antaranyaCSTS atau (Chiyoda-Saipem-Tripatra-SAE), BP Tangguh, juga disnaker dan dinas perindakop. Mereka harus bertanggung jawab menyelesaikan persoalan ini.

    Baca juga:  Sambut HUT ke-19 Teluk Bintuni, BP Tangguh Bantu Peralatan Olahraga IPMA-TB

    “Kami KNPI tidak punya kepentingan apa-apa. Hanya ingin bersinergi dengan pemerintah, untuk memperjuangkan hak-hak adik dalam mencari pekerjaan. Jangan orang luar di sana berbondong-bondong masuk bekerja, adik-adik kami yang asli hanya jadi penonton di tanah sendiri,” ucapnya.

    Sementara itu, Sekretaris KNPI Muklis Sampe menyampaikan, dari tahun ketahun persoalan terkait tenaga kerja lokal sangat sulit terselesaikan. Ini karena beberapa perusahaan justru memberi prioritasll bagi tenaga kerja dari luar daerah.

    “Kalau cuma hanya kerja di BP Tangguh , gali parit, cleaning servis untuk apa mereka mendatangkan pekerja dari luar Bintuni. Padahal adik-adik kami mampu kalau cuma hanya bekerja seperti itu” tuturnya.

    Baca juga:  Lewat PONED, LNG Tangguh Dukung Kesehatan Ibu dan Bayi di Fakfak

    Sementara itu perwakilan pencaker mengatakan, mereka hanya ingin ada kejelasan soal nasib mereka. Terutama soal rekrutmen di BP Tangguh yang tak transparan.

    “Saya mewakili teman-teman hanya ingin menyampaikan kapan lagi kita kerja. Perusahaan gas terbesar di indonesia yang berada di tanah kami tetapi kami jadi penonton. Terus kalau pihak dari BP Tangguh bilang belum ada perekrutan itu omong kosong. Karena perekrutan dari BP Tangguh itu setiap hari ada. Kami mempunyai data dokumentasinya,” tuturnya.

    Ia mengatakan, belum lama ini ada perekrutan dari perusahaan. Tetapi cuma satu orang dari OAP yang terakomodir. Sisanya tenaga kerja dari luar. (LP5/red)

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    0
    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Papua Barat periode 2024-2029. Pelantikan berlangsung...

    More like this

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan...

    Pembukaan MTQ X Teluk Bintuni: Merajut Moderasi dan Toleransi Keagamaan

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com– Suasana khusyuk terasa di gelanggang Argosigemerai SP 5, Distrik Bintuni Timur, Kabupaten...

    BP Target 2029 Presentase Tenaga Kerja Lokal Capai 85%

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam pelaksanaan IPA Convex 2024 yang digelar di ICE BSD Tangerang, Kathy...