26.3 C
Manokwari
Rabu, Juli 24, 2024
26.3 C
Manokwari
More

    HUT Himpaudi, Bupati Manokwari Sebut Guru PAUD Penentu Masa Depan Bangsa

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Manokwari menggelar perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-18 Himpaudi di Oriestom Bay, Manokwari, Kamis (31/8/2023).

    Mengangkat tema Organisasi Kuat, Guru Hebat: Wujudkan Generasi Emas, Cerdas, dan Berkarakter, acara ini mencerminkan visi yang tinggi dan tanggung jawab besar yang diemban para pendidik dan tenaga kependidikan dalam membentuk karakter dan pengetahuan anak-anak usia dini.

    Sambutan Bupati Manokwari, Hermus Indou, yang disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Manokwari, Marthinus Dowansiba, menegaskan pentingnya memiliki organisasi yang kuat sebagai fondasi bagi pendidikan berkualitas dalam struktur organisasi solid.

    “Kita dapat saling mendukung dalam berbagai bidang pengetahuan dan menciptakan inovasi yang membawa dampak positif pada dunia pendidikan anak usia dini. Lebih dari itu, kita juga harus menghargai peran luar biasa yang dimainkan oleh para guru,” ujarnya.

    Baca juga:  Sambut HUT Kodam VIII/Kasuari ke-4, Pangdam kembali berbagi kasih di 3 lokasi berbeda

    Menurutnya, seorang guru bukan hanya seorang penyampai pengetahuan, tetapi juga seorang panutan, pemandu, dan sumber inspirasi bagi para murid. Guru yang hebat mampu membimbing anak-anak untuk mengembangkan potensi mereka, memberikan dorongan yang diperlukan, serta menciptakan lingkungan yang merangsang rasa ingin tahu dan eksplorasi.

    Dowansiba menyatakan pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini adalah garda terdepan dalam menentukan arah pembangunan masa depan bangsa. Generasi muda adalah investasi berharga yang harus ditanamkan dengan nilai-nilai positif, pengetahuan yang mendalam, dan keterampilan yang relevan.

    Baca juga:  Bupati Manokwari Harapkan Dukungan DPRD Wujudkan Kebijakan Pro Rakyat

    Sementara itu, Bunda PAUD Manokwari, Febelina Indou, menyoroti peran penting guru-guru PAUD dalam membentuk pribadi yang berintegritas dan berwawasan luas. Guru-guru PAUD harus mampu memberikan teladan positif, membantu mengembangkan keterampilan sosial anak-anak, serta membentuk sikap dan perilaku yang menghormati sesama dengan mengajarkan nilai-nilai dasar seperti empati, kerja sama, dan kejujuran.

    “Apresiasi dan penghargaan yang tulus saya sampaikan kepada guru-guru PAUD dan seluruh tenaga kependidikan atas dedikasi dan tanggung jawab besar yang telah dijalankan dalam membimbing anak-anak menuju kemajuan, melatih imajinasi mereka, dan membentuk fondasi moral dan etika yang kuat,” ungkap Febelina.

    Febelina juga berpesan kepada para pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini untuk terus meningkatkan kinerja mereka dan memahami peran mereka sebagai pengajar, pengasuh, panutan, dan inspirator.

    Baca juga:  Bupati Manokwari Tekankan Pentingnya Masyarakat Punya KTP-el

    “Kesuksesan anak-anak usia dini kita hari ini dan beberapa tahun ke depan tidak hanya bergantung pada kata-kata, tetapi terletak di tangan kita sebagai para bunda. Harapan masa depan yang lebih baik untuk generasi penerus bangsa, khususnya di Kabupaten Manokwari, terletak pada kita. Kalau bukan kita, siapa lagi? Kalau bukan Himpaudi, siapa lagi?” serunya.

    Ketua Himpaudi Manokwari, Selly Sarungallo, berharap pada momentum perayaan HUT ke-18 Himpaudi ini akan membawa berkah bagi guru-guru PAUD, khususnya di kelompok bermain dan taman penitipan anak. Ia menginginkan mereka dapat diangkat sebagai guru kontrak di Disdikbud Manokwari. (LP2/Red)

    Latest articles

    Tegas! DAP Dukung Orgenes Wonggor jadi Ketua DPR PB 2024-2029

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Dukungan kepada Orgenes Wonggor untuk kembali duduk sebagai Ketua DPR Papua Barat periode 2024-2029 terus mengalir. Kali ini datang dari Dewan Adat...

    More like this

    Tegas! DAP Dukung Orgenes Wonggor jadi Ketua DPR PB 2024-2029

    MANOKWARI, linkpapua.com- Dukungan kepada Orgenes Wonggor untuk kembali duduk sebagai Ketua DPR Papua Barat...

    P2TIM-TB Kukuhkan 96 Siswa, Diharap Siap Hadapi Persaingan Global

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Pusat Pelatihan Teknik Industri dan Migas Teluk Bintuni (P2TIM-TB) mengukuhkan 96 siswa...

    Polisi Sebut 24 TPS di Bintuni Sangat Rawan: Moskona-Wamesa Terbanyak

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com - Polres Teluk Bintuni menggelar sosialisasi kamtibmas menyongsong Pilkada 2024 di Gedung...