25.5 C
Manokwari
Sabtu, Juni 15, 2024
25.5 C
Manokwari
More

    Ali Baham Apresiasi Inovasi DASI BRIDA: Kita Butuh Teknologi untuk Maju

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Bagam Temongmere menghadiri peluncuran Aplikasi Dasbort Informasi Badan Riset Dan Inovasi Daerah (DASI BRIDA) di Mansinam Beach Resort, Manokwari, Senin (22/1/2023). Ali Baham mengatakan, hadirnya DASI BRIDA adalah sebuah langkah maju Papua Barat di bidang teknologi.

    “Tentunya ini sudah merupakan rangkuman dari BRIDA yang dipimpin oleh Prof Charlie dan didukung oleh teman- teman di sini, dan OPD-OPD yang lain, sehingga lahirlah inovasi ini. Ini sebuah langkah maju yang harus kita apresiasi,” ujar Ali Baham.

    Ali Baham mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Prof Charlie atas inovasi terbarunya ini. Kata dia dengan hadirnya DASI BRIDA harus diikuti oleh peningkatan SDM agar efektivitas pengggunaan teknologi benar benar bermanfaat bagi manusia.

    Baca juga:  Senator PB akan Surati Kapolri, Minta 150 Perwira Afirmasi Otsus dapat Posisi Strategis

    “Kepada pimpinan OPD dari Pendidikan, Kominfo, Kepala Biro Pembangunan, dan juga teman-teman yang lain, mitra-mitra pembangunan yang ada di Provinsi Papua Barat serta semua yang sudah terlibat dalam proses ini dan menghasilkan inovasi DASI BRIDA ini kami sampaikan terima kasih,” katanya.

    Diungkapankan Ali Baham bahwa salah satu penilaian daerah yang berhubungan dengan pengembangan dan teknologi, adalah lahirnya banyak inovasi dan kreasi. Lahirnya inovasi teknologi itu menunjukkan kemajuan sebuah daerah.

    Baca juga:  Besok, Prof Aris Murfai Hadir di Musrenbang RPJMD Bintuni

    Ia mengatakan, sumbangsih ini sangat penting. Sebab saat ini dunia berada pada era digitalisasi.

    “Pelayanan-pelayanan yang kita lakukan di pemerintahan hari ini, tentunya harus ada aplikasi-aplikasi yang memberikan percepatan pelayanan, percepatan informasi, termasuk kepuasan publik atas pelayanan-pelayanan pemerintah,” terang Ali Baham.

    Menurutnya, investasi daerah berhubungan dengan bagaimana menarik minat orang untuk datang ke daerah. Yang kemudian bisa menaikkan pendapatan daerah, pendapatan masyarakat terutama pariwisata.

    “Tentunya, ini akan diikuti dengan kesiapan-kesiapan infrastruktur, sumber daya manusia, kemudian kondisi masyarakat kita yang bisa menerima dengan baik kedatangan-kedatangan orang dari luar,” paparnya.

    Baca juga:  Kumpulkan Instansi Vertikal, Ali Baham Minta Kolaborasi Bangun Papua Barat

    Masih kata Ali Baham, inovasi-inovasi tentang lingkungan sangat penting. Karena itu harus ada data base yang valid mengenai lingkungan di daerah.

    Ia berharap agar sampah-sampah plastik yang dibuang dapat dikelola dengan baik. Agar nanti ada mitra-mitra yang dapat mengelola sampah tersebut dan bisa menghasilkan sesuatu.

    “Memang inovasi ini membutuhkan biaya yang sangat besar. Sebenarnya anggaran sudah tutup tadi, tetapi mengingat ini sangat penting, maka setelah ini tambah satu miliar untuk inovasi ini,” imbuhnya. (LP12-red)

    Latest articles

    KPU Papua Barat Tetapkan 35 Caleg Terpilih, Golkar Jadi Ketua DPR...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Barat menetapkan 35 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Papua Barat periode 2024-2029. Penetapan dilakukan...

    30 Caleg Terpilih Ditetapkan KPU Manokwari

    More like this

    KPU Papua Barat Tetapkan 35 Caleg Terpilih, Golkar Jadi Ketua DPR Papua Barat

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Barat menetapkan 35 anggota Dewan Perwakilan...

    Ditlantas Polda Papua Barat Raih Penghargaan di 2 Kategori

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Jajaran Direktorat Lalu Lintas Polda Papua Barat meraih prestasi dalam Rapat Kerja Teknis...

    Pemprov PB Rancang Sekolah Ramah Anak-Gender, Dimulai dari SMA Unggulan

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Biro Kesra Pemprov Papua Barat bersama otoritas terkait tengah merancang sebuah...