25.9 C
Manokwari
Selasa, Juni 25, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Buka Rakerda II MUI Papua Barat, Pj Gubernur Sampaikan Sejumlah Pesan

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere Jumat (5/1/2024) Sore membuka secara resmi Rapat Kerja Daerah (Rakerda) II Majelis Ulama Indonesia (MUI) Papua Barat di Manokwari. Turut hadir Sekretaris Jendral (Sekjen) MUI pusat Buya Amirsyah Tambunan.

    Ketua MUI Papua Barat Ahmad Nausrau mengatakan Rakerda memiliki arti penting untuk menyusun program kerja strategis tahun 2024.”Selama ini hubungan MUI dengan pemerintah berjalan sangat baik, terbukti pemerintah telah membantu membangun sekretariat yang sangat megah. Apa yang sudah terjalin tersebut akan terus dibina. Untuk menghadapi tahun politik ini, MUI mendorong umat Islam untuk wajib menggunakan hak suaranya serta ikut menjaga demokrasi berjalan dengan aman,”ungkapnya.

    Baca juga:  Vaksinasi Papua Barat Capai 54 Persen, Masih Kejar Herd Immunity

    Sekretaris Jendral (Sekjen) MUI pusat Buya Amirsyah Tambunan menyampaikan MUI memiliki tugas pokok sebagai pelayan umat.”MUI memberikan pelayanan ke umat secara aktif melalui dakwah, pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi dan lainnya. Termasuk juga menggerakan kelembagaan dan bermitra dengan pemerintah. Kusus menghadapi tahun politik, pilihan boleh berbeda, tetapi persatuan harus dijaga,”beber Tambunan.

    Baca juga:  Syahrul Refideso, Siap Edukasi Publik Menuju Pemilu Berkualitas di Manokwari

    Sementara itu, Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere berpesan agar program kerja yang disusun tidak terlepas dari fungsi MUI.

    “MUI dapat memberikan fatwa dan nasehat bagi masyarakat dan juga pemerintah terutama dalam menjaga ukuwah Islamiyah. Ulama sebagai pemimpin memiliki peran penting dan strategis dalam memperkokoh sendi-sendi spiritual berbangsa dan bernegara, menjaga moral dan menyampaikan nilai-nilai Islam. Tanggung jawab ulama tidak dapat tergantikan,”ujar Pj Gubernur.

    Baca juga:  Presiden Jokowi Akui 2 Kasus HAM di Papua, Mamberob: Masih Banyak Lagi

    Dalam Rakerda II MUI Papua Barat tersebut dihadiri peserta dari pengurus MUI tingkat kabupaten se Papua Barat dan Papua Barat Daya.(LP3/Red)

    Latest articles

    Antisipasi Pemilih Ganda, Disdukcapil Manokwari Perketat Proses Coklit

    0
    MANOKWARI,Linkpapua.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Manokwari akan memaksimalkan proses pencocokan dan penelitian (coklit) kependudukan untuk Pilkada 2024. Coklit akan dilakukan secara akurat...

    More like this

    Antisipasi Pemilih Ganda, Disdukcapil Manokwari Perketat Proses Coklit

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Manokwari akan memaksimalkan proses pencocokan dan penelitian...

    Jelang Hari Bhayangkara Ke-78, Polda Papua Barat Gelar Upacara Tabur Bunga dan Ziarah Laut 

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara Ke-78, Polda Papua Barat melaksanakan upacara ziarah dan...

    Puluhan Guru SD Datangi Kantor Bupati Manokwari, Pertanyakan Pembayaran ULP

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Puluhan guru Sekolah Dasar (SD) di Manokwari pada Senin (24/6/2024) siang mendatangi...