27.9 C
Manokwari
Kamis, Juni 20, 2024
27.9 C
Manokwari
More

    Vaksin Covid-19 Tiba di Papua Barat Pekan Depan

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com– Kementerian Kesehatan akan mulai mengirimkan vaksin Covid-19 ke seluruh daerah di Indonesia. Di Papua Barat, vaksin jenis Sinovac diperkirakan akan tiba pekan depan.

    Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Papua Barat Nurmawati mengatakan, vaksinasi akan dilakukan setelah kurva kasus kembali naik. Di Papua Barat disepakati bahwa setiap daerah minimal memiliki satu pelayanan vaksinasi Covid-19.

    “Setiap kabupaten se-Papua Barat akan mendapatkan pasokan vaksin yang nantinya dapat diakses pada puskesmas di ibukota kabupaten. Sehingga setiap kabupaten membuka kembali pelayanan vaksinasi Covid-19, dan difokuskan pada pelaku perjalanan luar negeri, tenaga kesehatan dan masyarakat yang belum lengkap vaksinasinya,” ungkap Nurmawati, Rabu (13/12/2023).

    Baca juga:  Dinkes Papua Barat Gelar BIAS di Bintuni, Hari Pertama Sasar 3 Sekolah

    Dikatakannya, ketersediaan vaksin yang dikirim Kementeria Kesehatan sangat terbatas. Vaksin jenis Sinovac tersebut diperkirakan tiba pekan depan.

    Sebelumnya Kementerian Kesehatan mengeluarkan Surat Edaran Nomor : hk.02.02/c/4815/2023 tentang peningkatan kewaspadaan terhadap lonjakan kasus Covid-19.

    Vaksinasi Massal Booster Ketiga

    Kurva Covid-19 di Indonesia kembali menunjukkan tren naik dalam tiga pekan. Pemerintah pun membuka kemungkinan menerapkan vaksinasi booster ketiga.

    Direktur Jenderal Pelayanan Kementerian Kesehatan RI Azhar Jaya menyebut, kenaikan tengah dikaji apakah memungkinkan ditekan atau tidak. Jika tidak, maka kemungkinan diberlakukannya booster ketiga sangat terbuka.

    “Kita sudah bersiap membuka vaksinasi massal kepada masyarakat, lagi proses juga vaksinasi lagi, untuk booster ketiga,” beber Azhar.

    Baca juga:  Polres Teluk Bintuni Bekuk 2 Pengedar Narkoba Saat Transaksi

    Dalam waktu dekat, survei antibodi bakal kembali dilakukan untuk melihat seberapa besar ‘kekebalan’ yang masih terbentuk di masyarakat terkait Covid-19. Kabar baiknya, mayoritas pasien Covid-19 yang tertular 90 persen mengeluhkan gejala ringan.

    Subvarian Omicron baru yang menyebar saat ini merupakan varian EG.5 atau varian ‘Eris’, angka fatalitas akibat varian tersebut jauh lebih rendah ketimbang varian terdahulu. Meski begitu, pemerintah tetap mengimbau masyarakat untuk memperketat protokol kesehatan seperti penggunaan masker.

    Adapun vaksinasi Covid-19 akan digencarkan lebih dulu pada daerah dengan tinggi kasus, seperti DKI Jakarta yang mencatat kenaikan lebih dari 40 persen dalam sepekan. Belakangan, Dinkes DKI juga mencatat dua kasus kematian Covid-19 pasca berbulan-bulan nihil kematian akibat SARS-CoV-2.

    Baca juga:  APBD Perubahan 2022 Papua Barat Ditarget Juni

    Kemenkes baru-baru ini juga mengeluarkan Surat Edaran (SE) tentang Kewaspadaan Terhadap Lonjakan Covid-19 bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri. Para pelaku perjalanan luar negeri diharapkan melakukan protokol kesehatan ketat dan dalam kondisi fisik yang sehat saat bepergian. Sebisa mungkin tidak tertular dan membawa virus menyebar saat kembali ke Indonesia.

    PPLN diminta melengkapi vaksinasi Covid-19 maupun dosis primer dan booster berdasarkan ketentuan.

    “Kepala Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota diminta untuk memastikan semua puskesma dan fasyankes lainnya yang berada di wilayah kerjanya tetap memberikan pelayanan vaksinasi Covid-19,” tambahnya. (LP3/Red)

    Latest articles

    Demo Tuntut jadi ASN Berujung Ricuh, Kantor BKPP Bintuni Dirusak

    0
    BINTUNI,LinkPapua.com-Sekelompok massa berunjuk rasa di kantor Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Teluk Bintuni, Rabu (19/6/2024). Aksi ini berujung ricuh. Massa melakukan perusakan di kantor...

    More like this

    Demo Tuntut jadi ASN Berujung Ricuh, Kantor BKPP Bintuni Dirusak

    BINTUNI,LinkPapua.com-Sekelompok massa berunjuk rasa di kantor Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Teluk Bintuni,...

    Kasus Korupsi Beras di Bintuni Naik ke Penyidikan, ASN Calon Tersangka

    TELUK BINTUNI,Link Papua - Polisi menaikkan status kasus dugaan penyelewengan beras Bulog ASN di...

    Pilkada 2024, PDIP Papua Barat Menunggu Arahan DPP

    MANOKWARI, Linkpapua.com- 2 bulan jelang pendaftaran calon kepala daerah pada Agustus mendatang, Partai Demokrasi...