25.9 C
Manokwari
Selasa, April 16, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Tuntut Kenaikan TPP, Guru di Kabupaten Fakfak Ancam Mogok

    Published on

    FAKFAK, linkpapua.com – Para guru di Kabupaten Fakfak Papua Barat bakal menggelar aksi dengan menemui Bupati Fakfak, Senin (9/5/2022). Mereka menuntut Bupati segera merevisi nilai TPP (Tambahan Penghasilan Pegawai) yang mereka terima.

    Mereka akan mendesak bupati segera merevisi perbup. Jika tuntutan ini tak dipenuhi, para guru mengancam mogok.

    Hal ini diungkapkan dalam pertemuan bersama yang diinisiasi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Fakfak yang digelar di Gedung SD Negeri 1 Fakfak, Sabtu (7/5/2022).

    “Rencana Senin awal pekan para guru akan melakukan aksi dalam bentuk audience dengan Bupati, kita minta kenaikan Tambahan Penghasilan Pegawai Negeri (TPP) layaknya ASN di Organisasi Perangkat Daerah (OPD),” ucap Amin Jabir Suaery, Ketua PGRI Kabupaten Fakfak.

    Baca juga:  Pangdam Kasuari Bertemu Warga Sanggeng, Komitmen Berkontribusi Nyata bagi Papua Barat

    Menurutnya, rencana aksi tersebut sebagai bagian dari upaya PGRI menagih janji Bupati Untung Tamsil pada pertemuan dengan sejumlah OPD dan Guru 21 Agustus 2021 lalu. Di mana ia berjanji akan menaikkan TPP bagi Guru.

    “Sebelum Perbub 12 ini TPP guru non sertifikasi sebesar Rp1.400.000 sedangkan guru yang sudah sertifikasi mendapat Rp1.500.000,” tutur Amin.

    Peraturan Bupati Kabupaten Fakfak Nomor 12 Tahun 2022 dalam uraian Pasal 7 Perbub tersebut, TPP diberikan berdasarkan prestasi kerja yang tinggi sesuai bidang keahlian atau inovasi yang diakui pimpinan. TPP berdasarkan prestasi kerja sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 huruf a, diberikan kepada PNS yang tidak menduduki jabatan fungsional yang bertugas di Sekretariat Daerah, Dinas, Badan, Inspektorat, Satpol PP dan Sekretariat DPRD dan Kepala Distrik serta Lurah.

    Baca juga:  Dana ZIS 2023, Baznas Papua Barat Bangun 24 Rumah Layak Huni di Manokwari

    Besaran TPP berdasarkan prestasi kerja sebesar enam puluh persen dari besaran basic TPP. Besaran alokasi TPP berdasarkan prestasi kerja dihitung dengan menggunakan Rumus TPP PK = (60 % x B TPP).

    “Besaran TPP yang diberikan kepada Guru kami anggap sangat kecil dari ASN di OPD lain,” tutur Amin Suaery.

    Berdasarkan Perbup tersebut, TPP bagi pengelola jabatan tenaga guru yang bertugas sebagai Kepala Sekolah dan sudah tersertifikasi diberikan sebesar Rp1.700.000 sedangkan tenaga guru yang bertugas sebagai Kepala Sekolah Non sertifikasi sebesar Rp1.500.000.

    Baca juga:  Kuliah Umum di Polinef, Ketua TP PKK Papua Barat Ajak Mahasiswa Wujudkan Visi Indonesia 2045

    Sedangkan tenaga guru yang sudah tersertifikasi diberikan TPP sebesar Rp1.500.000 kemudian tenaga Guru non Sertifikasi mendapat TPP sebesar Rp1.300.000

    Aksi ini rencananya akan diikuti seluruh Tenaga Pendidik dari tingkat PAUD TK, SD, MI, SMP, MTs.

    “Kami coba melakukan audience rencana kumpul di depan RSUD Fakfak kemudian menuju Kantor Bupati Fakfak,” tuturnya

    Dia berharap pendekatan tersebut nantinya Bupati Fakfak dapat melakukan revisi terhadap Perbup yang dikeluarkan dan sudah ditandatangani oleh Sekertaris Daerah.

    “Kami berharap Bupati Fakfak dapat merevisi Perbub Nomor 12 Tahun 2022 itu, sebab jika tidak ada respons maka seluruh guru akan mogok hingga pelaksanaan ujian pada 17 Mei mendatang,” tegasnya. (LP2/red)

    Latest articles

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari menggalang donasi sebagai aksi peduli terhadap bencana longsor yang melanda...

    More like this

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari Gelar Aksi Peduli

    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari...

    Longsor di Distrik Tahota, Kapolres Mansel Pimpin Evakuasi Material yang Tutup Badan Jalan

    MANOKWARI, linkpapua.com- Longsor terjadi di Kampung Yarmatun, Distrik Tahota, Kabupaten Manokwari Selatan, Minggu (14/4/2024)....

    Pertamina Patra Niaga Siapkan Stok Avtur Hadapi Arus Balik Lebaran

    JAYAPURA, Linkpapua.com- Konsumsi avtur sebagai bahan bakar pesawat terbang mulai naik pada puncak arus...