25 C
Manokwari
Rabu, Februari 21, 2024
25 C
Manokwari
More

    Tunggu Persetujuan Kemendagri, Sejumlah OPD Pemprov PB Bakal Dilebur

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Pemprov Papua Barat telah melayangkan surat ke Kementerian Dalam Negeri terkait rencana perampingan organisasi perangkat daerah (OPD). Pemprov sisa menunggu persetujuan untuk segera merealisasikannya.

    Salah satu poin penting dalam rencana perampingan itu adalah penggabungan sejumlah OPD yang serumpun. Penggabungan atau peleburan ini dilakukan demi efisiensi anggaran.

    Baca juga:  Pemprov Papua Barat janji Bangun Kantor Pemadam Kebakaran yang Representatif

    “Setelah dipikirkan, didiskusikan sebaiknya yang beberapa OPD yang rumpunnya sama bisa digabungkan. Tentu dengan analisis yang baik,” ujar Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Papua Barat Melkias Werinussa kepada wartawan, Senin (13/3/2023).

    Menurutnya, perampingan ini masih akan melalui proses. Sebab pemprov juga harus menunggu pertimbangan dari Kemenpan RB.

    Baca juga:  Triwulan I Serapan Anggaran Minim, DPR PB Kritik OPD: Selalu Lambat Gerak

    Terutama kata Melkias, soal pembagian anggaran pascapemekaran Papua Barat Daya. Ia menjelaskan, akan dilakukan pergeseran pegawai setengah seiring dengan berkurangnya anggaran. Sehingga tidak memberatkan APBD.

    “Kalau pembagian setengah sehingga tidak memberatkan APBD. Kita dapat jatah 153 namun yang pindah 98 sehingga tidak berimbang akhirnya ada beberapa kegiatan yang harus dialihkan untuk membiayai gaji,” paparnya.

    Baca juga:  Penyerahan LPPD Molor Lagi, Asisten II Pemprov PB Sentil Pimpinan OPD

    Setelah mempertimbangkan perampingan kabupaten di Papua Barat yang tinggal tujuh maka kata Melkias, sangat rasional dilakukan analisa untuk perampingan OPD di Pemprov.

    “Sehingga kapasitas fiskal itu bisa membiayai. karena kapasitas fiskal hampir membiayai jabatan dan itu besar,” tandasnya. (LP9/Red)

    Latest articles

    Isu Reshuffle Besok: Hadi Diplot jadi Menkopolhukam, AHY Isi Kursi...

    0
    JAKARTA,linkpapua.com- Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melakukan reshuffle kabinet, Rabu besok (21/2/2024). Isu yang beredar di Istana, ada dua pos menteri yang akan dirotasi, Yakni...

    More like this

    Besok Pergeseran Logistik, Kapolres Mansel Cek Kesiapan Personel

    MANSEL, linkpapua.com- Kapolres Manokwari Selatan AKBP Eliantoro Jalmaf memimpin apel gabungan pengecekan kesiapan pengamanan...

    BPJS-KPU-Dinkes Mansel Teken Komitmen, Petugas KPPS dapat Perlindungan JKN

    RANSIKI, linkpapua.com- BPJS Kesehatan bersama KPU dan Dinas Kesehatan Manokwari Selatan menandatangani komitmen bersama...

    Kapolda Papua Barat Harap Semua Pihak Ikut Ciptakan Rasa Aman Jelang Pemilu

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Kapolda Papua Barat Irjen Pol Johnny Edison Isir mengatakan, keamanan dan...