26.4 C
Manokwari
Senin, April 15, 2024
26.4 C
Manokwari
More

    Soal Pengisian Jabatan Sekda, Petrus Kasihiw: Itu Hak Prerogatif Bupati

    Published on

    BINTUNI, Linkpapua.com – Bupati Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw, angkat bicara terkait pengisian jabatan sekretaris daerah (Sekda) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Teluk Bintuni. Orang nomor satu di Tanah Sisar Matiti itu menegaskan bahwa hal tersebut adalah hak prerogatif bupati.

    “Jabatan sekda merupakan urusan kedinasan dan hak prerogatif bupati, bukan dibangun berdasarkan atas aspirasi. Jabatan tersebut menyangkut kepercayaan yang diberikan bupati untuk melaksanakan tugas,” kata Kasihiw, Senin (12/9/2022).

    Baca juga:  STIH Manokwari dan FH Unhas Teken MoU untuk Tingkatkan SDM

    Pemkab Teluk Bintuni sebelumnya telah membentuk tim panitia seleksi (pansel) untuk pengisian jabatan sekda. Namun, Kasihiw mengaku sampai saat ini dirinya belum bertemu tim pansel, terlebih lagi dengan hasilnya.

    “Saya belum menindaklanjuti karena saya sendiri belum mengetahui kapan pansel yang dibentuk melaporkan hasil seleksi jabatan sekda sejak saya dilantik kembali menjabat bupati di periode kedua,” beber Kasihiw.

    Baca juga:  Bantuan Bus Sekolah di Bintuni Belum Digunakan Karena Covid

    Kasihiw mengatakan, seharusnya setelah hasil seleksi diputuskan, tim pansel bertemu bupati untuk melaporkan. “Tetapi, tidak pernah terjadi dan sangat disayangkan hasil seleksi sekda sudah beredar ke mana-mana dan ini perbuatan siapa?” ketusnya.

    Terkait hal ini, Kasihiw menyampaikan akan mengambil langkah lanjutan. “Untuk itu saya akan teliti kembali. Setelah itu baru akan membuat keputusan seperti apa,” ucapnya.

    Baca juga:  DMPK Teluk Bintuni Dorong Percepatan Operasional Pabrik Pengalengan Ikan

    Menurut Kasihiw, jabatan pelaksana tugas (Plt) Sekda Teluk Bintuni yang selama ini diisi Frans Awak, semuanya berjalan sesuai kewenangan yang diberikan. “Hanya saja, proses sekda definitif belum berjalan dengan baik karena tidak sesuai dengan mekanisme yang seharusnya,” tuturnya. (LP5/Red)

    Latest articles

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari menggalang donasi sebagai aksi peduli terhadap bencana longsor yang melanda...

    More like this

    Polres Teluk Bintuni Panen Perdana Jagung, Hasilnya Dibagikan ke Masyarakat

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Polres Teluk Bintuni melakukan panen jagung di kebun Bhayangkari, Senin (5/4/2024). Ini merupakan...

    Mediasi Kelar, Pemilihan Kepala Kampung Sara Teluk Bintuni Segera Digelar

    TELUK BINTUNI,Linkpapua.com - Polres Teluk Bintuni memediasi permasalahan antara Kepala Distrik Kaitaro Feky Feneteruma...

    Irigasi Jebol, Kampung Waraitama Teluk Bintuni Kembali Terendam Banjir

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Hujan dengan intensitas tinggi sejak beberapa pekan lalu menyebabkan jebolnya irigasi di...