28.2 C
Manokwari
Selasa, April 23, 2024
28.2 C
Manokwari
More

    Soal Casis Tamtama TNI AD, DPR Papua Barat Akan Temui Pangdam

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Puluhan calon siswa (casis) Tamtama TNI AD jalur otonomi khusus (otsus) melakukan aksi di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Papua Barat, Kamis (3/11/2022), karena tidak terakomodasi dalam seleksi.

    Wakil Ketua IV DPR Papua Barat, Carstenz Malibela, mengatakan apa yang telah disampaikan casis Tamtama tetap akan ditindaklanjuti sesuai mekanisme.

    Baca juga:  Ketua DPR Papua Barat Dorong Anggotanya Segera Laporkan Harta Kekayaan

    “Apa yang telah disampaikan saya tetap tindak lanjuti. Begitu sesuai dengan mekanisme yang ada di DPR. Saya akan mencoba komunikasikan ini lagi dengan pihak terkait. Dalam hal ini kami agendakan untuk hari Senin jumpa dengan Pangdam XVIII/Kasuari,” kata Carstenz.

    Kata dia, pemerintah pusat sudah mentransfer dana otsus langsung ke pemerintah kabupaten/kota. Dengan begitu, kata dia, kewajiban kembali ke kabupaten/kota, tetapi harus berlandaskan Undang-Undang (UU) Otsus Nomor 2 Tahun 2021.

    Baca juga:  Sengkarut Tambang Emas Ilegal, DPR PB Tawarkan Pemkab Duduk Bersama

    “Dana otsus ini untuk membiayai pendidikan, kesehatan, hingga pemberdayaan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat adat. Saya pikir ada kebijakan pemerintah daerah sedikit untuk membiayai adik-adik ini,” paparnya.

    Carstenz menyampaikan, pada intinya pertemuan dengan Pangdam untuk mengetahui letak persoalan dan solusinya seperti apa. “Intinya kita ketemu Pangdam dulu untuk bicara barang ini. Saya pikir kita bicara dulu karena hasil dari pembicaraan kami itu akan dikomunikasikan,” ujarnya.

    Baca juga:  Ali Baham: Dekranasda Harus jadi Pelopor Kemajuan Ekonomi Kreatif

    Menurutnya, perlu kolaborasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat dengan kabupaten/kota untuk persoalan ini. (LP9/Red)

    Latest articles

    Selamat! Petrus Kasihiw Raih Gelar Doktor Lingkungan di Unipa

    0
    MANOKWARI,LinkPapua.com- Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw berhasil meraih gelar doktor bidang lingkungan usai menjalani ujian promosi di Universitas Papua, Selasa (23/42024). Petrus Kasihiw mempertahankan...

    More like this

    Bappeda Papua Barat Gelar FPD: Kemiskinan Ekstrem – Stunting Turun  

    MANOKWARI, linkpapua.com- Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Papua Barat menggelar rapat Forum Perangkat Daerah...

    LDII Ajak Lawan Krisis Plastik dan Budaya Hidup Bersih Dalam Peringatan Hari Bumi

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Dalam momentum peringatan Hari yang digelar Setiap 22 April dimana Pada 2024, Hari...

    Pj Gubernur Ali Baham Puji Wamena: Anak Mudanya sampai ke Rusia-Jepang

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere menghadiri rapat kerja gubernur se-Tanah...