26.4 C
Manokwari
Minggu, Juli 14, 2024
26.4 C
Manokwari
More

    Pendaftaran Paslon Pilkada Risiko Munculnya Cluster Baru Covid

    Published on

    MANOKWARI – Tahapan pendaftaran Pilkada, 4-6 September 2020, dikhawatirkan bisa memunculkan cluster baru Covid-19 di kabupaten Manokwari.

    Hal ini diungkap Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas COVID-19 Papua Barat, Derek Ampnir, Senin (7/9/2020) di Manokwari.

    “Pengabaian protokol kesehatan terjadi saat pendaftaran paslon di KPU Manokwari. Ke depan, harus ada langkah teknis yang dilakukan,” jelasnya.

    Baca juga:  Inflasi Tahunan Papua Barat 2,69 Persen September 2023

    Ampnir mengungkap koordinasi yang dimaksud adalah antara pihak penyelenggara, pengawas dan termasuk pasangan calon yang mendaftar. Harusnya, koordinasi itu juga dilakukan bersama Gustu Covid-19.

    “Jika Pilbub, koordinasi dengan Gustu Covid-19 kabupaten dan kami akan ikut memantau. Ini jadwal tahapan saja tidak kami terima,” akunya.

    Baca juga:  Pemerintah Beri Sinyal Pembentukan Kodam Baru di Papua Barat Daya

    Ia memandang perlunya melibatkan Gustu dalam setiap tahapan Pilkada yang digelar dalam masa Pandemi Covid-19. Minimal ada pemberitahuan agar Gustu Covid-19 ikut memantau proses tahapan Pilkada.

    Ampnir mengaku akan mengkaji kembali hal ini sesuai instruksi Presiden, karena pihaknya memiliki otoritas dalam hal penanganan dan pencegahan virus Covid-19.

    Baca juga:  Bapemperda Papua Barat Genjot Pembahasan 24 Ranperda

    “Pelaksanaan pendaftaran kandidat ke KPU Manokwari, tidak menaati protokol kesehatan. Kerumunan orang bisa saja menciptakan atau memunculkan cluster baru Covid-19,” paparnya.

    “Sekali lagi perlu koordinasi terutama dari pihak penyelenggara. Jika sebuah kegiatan dianggap membahayakan keselamatan manusia, bisa diberhentikan. Begitu juga dengan kerumunan massa,” terangnya. (LPB2/red)

    Latest articles

    Bripka Septinus Arui Terima Penghargaan Hoegeng Awards 2024

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo,M.Si memberikan apresiasi terhadap gelaran Hoegeng Awards 2024. Dia juga mengaku bangga dengan para peraih penghargaan...

    More like this

    Bripka Septinus Arui Terima Penghargaan Hoegeng Awards 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo,M.Si memberikan apresiasi terhadap gelaran Hoegeng...

    Petani Papua Barat Keluhkan Pupuk Belum Tersalur, Terhambat Administrasi

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Provinsi Papua Barat Agustinus...

    Selamat! Derek Ampnir Raih Gelar Doktor Lingkungan Hidup di Unipa

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang juga Plt Kepala Disnakertrans...