28.2 C
Manokwari
Senin, Maret 4, 2024
28.2 C
Manokwari
More

    Musda IKT Teluk Bintuni: Panitia Sudah Jaring 5 Bakal Calon Ketua

    Published on

    BINTUNI, Linkpapua.com – Musyawarah Daerah ke-III Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Kabupaten Teluk Bintuni dibuka, Sabtu (25/3/2023) di Kompleks Rumah Adat Toraja (Tongkonan) Awarepi. Di hari pertama, panitia telah menjaring 5 bakal calon ketua.

    Musda akan berlangsung hingga Minggu besok (26/3/2023). Panitia pelaksana mengonfirmasi tiga dari lima bakal calon yang telah masuk di meja panitia penjaringan yakni drg Ferdinand Mangalik, Dantopan Sarungallo dan Mesak Pasalli.

    Musda dibuka oleh Wakil Bupati Teluk Bintuni, Matret Kokop. Hadir Ketua IKT Papua Barat Kornelius Mangalik, Kapolres Teluk Bintuni AKBP Junov Siregar serta Wakil Ketua I IKT Periode 2018-2022 drg Ferdinand Mangalik.

    Pelaksanaan Musda III IKT ini sejatinya akan dilaksanakan pada 18 Februari 2023. Namun karena pada saat yang sama bertepatan dengan momentum Injil Masuk Tana Toraja, Musda akhirnya diundur.

    Baca juga:  Pasca-penyerangan di Maybrat, Pangdam Kasuari: TNI tak Mundur Selangkahpun

    “Saya minta kepada panitia Musda III IKT di Teluk Bintuni, agar jadwalnya mundur dari yang sudah direncanakan,” kata Kornelius Mangalik ST, Ketua IKT Papua Barat, dalam sambutannya.

    Kornelius mengungkapkan, musda ini sekaligus sebagai memontum untuk mengoreksi sejumlah poin dalam AD/ART organisasi. Salah satunya kata dia, terkait masa bakti kepengurusan dari empat tahun yang akan diubah menjadi lima tahun.

    Ketua Pelaksana Musda III IKT Teluk Bintuni, Agustinus Rema menjelaskan, pada hari pertama musda telah dilaksanakan penjaringan bakal calon ketua. Ada sedikitnya lima nama telah diterima panitia.

    Baca juga:  Hadiri Peresmian Tongkonan IKT, Wabup Teluk Bintuni: Simbol Kerukunan Bersama

    Mereka yakni drg Ferdinand Mangalik, Dantopan Sarungallo, Mesak Pasalli. Sedangkan Martinus Manatin yang menjabat ketua periode 2018-2022, dipastikan tidak maju karena telah pindah domisili.

    “Ketua lama sudah pindah tugas dan domisili ke Toraja Utara, jadi sudah tidak mencalonkan lagi,” kata Agustinus Rema.

    Pemilihan ketua akan berlangsung Minggu besok. Calon akan dipilih oleh seluruh anggota IKT yang hadir di arena Musda III.

    Dijelaskan Agustinus Rema, yang membatasi hak pilih warga Toraja di Teluk Bintuni dalam Musda III ini hanya usia. Warga yang telah berusia 17 tahun, sudah bisa menggunakan hak pilihnya.

    Baca juga:  Ketua KNPI Mansel Ajak Pemuda Ciptakan Rasa Aman Sambut Nataru

    “Di bawah dari usia itu, tidak diperkenankan untuk memilih,” ujarnya.

    IKT Jadi Mitra Strategis Pemerintah

    Wakil Bupati Teluk Bintuni Matret Kokop dalam sambutannya menyampaikan, pemerintah daerah mengapresiasi keberadaan kelompok-kelompok masyarakat seperti IKT. Selain sebagai tempat berhimpun masyarakat Nusantara sesuai dengan asal daerah, keberadaan kerukunan keluarga seperti IKT bisa menjadi mitra strategis pemerintah daerah dalam melaksanakan program pembangunan.

    “Semoga Musda III ini bisa memilih kembali pemimpin yang bertanggung jawab, menjalin silaturahmi dengan saudara tujuh suku maupun suku Nusantara lain di Teluk Bintuni. Harapan saya IKT bisa menjadi mitra Pemda dalam membangun daerah, dan mitra dari TNI-Polr dalam menjaga Kamtibmas,” ungkap Matret Kokop. (LP5/red)

    Latest articles

    500 Bibit Cabai Ditanam di Kebun PKK Papua Barat, Target Panen...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Papua Barat Siti Mardiana Temongmere menghadiri Gerakan Tanam Cabai Serentak seluruh Indonesia, di kebun PKK Susweni, Papua...

    More like this

    500 Bibit Cabai Ditanam di Kebun PKK Papua Barat, Target Panen 3 Bulan

    MANOKWARI, linkpapua.com- Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Papua Barat Siti Mardiana Temongmere menghadiri Gerakan...

    Sampaikan Ucapan HUT Satpol PP, Ali Baham: Jaga Profesionalitas, Layani Warga

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere memberikan ucapan selamat HUT...

    Pj Gubernur Ali Baham Tunjuk Derek Ampnir sebagai Plt Kadis Nakertrans Papua Barat

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere menunjuk Derek Ampnir sebagai Plt...