28.2 C
Manokwari
Selasa, April 23, 2024
28.2 C
Manokwari
More

    Sambut Paskah, IKT Teluk Bintuni Gelar Porseni

    Published on

    BINTUNI, linkpapua.com Keluarga besar Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Teluk Bintuni menggelar Pekan Olahraga dan Seni (Porseni). Kegiatan ini dalam rangka menyambut Hari Raya Paskah.

    Ketua Panitia Amos Solon mengatakan Porseni di tahun 2022 ini diserahkan sepenuhnya kepada pemuda untuk melaksanakannya. Adapun yang dipertandingkan dalam Porseni tahun ini adalah bola voli putra dan putri, catur, sepak takraw dan tarik tambang putra-putri.

    Sedangkan untuk seni yang diperlombakan yaitu pembacaan Alkitab dalam bahasa Toraja, solo dan lomba mewarnai yang dikhususkan untuk anak-anak dan remaja.

    Kegiatan Porseni dilaksanakan dari tanggal 8 April sampai dengan Kamis hari ini. Puncaknya akan dilaksanakan pada hari Senin 18 April 2022.

    Baca juga:  Pemprov Papua Barat Gelar Kerja Bakti Sambut HUT Kemerdekaan RI, 47 OPD Bersihkan Jalan Esau Sesa

    Ferdinand Mangalit, Wakil Ketua IKT Teluk Bintuni menjelaskan bahwa Ikatan Keluarga Toraja di Kabupaten Teluk Bintuni ada tujuh sektor. Mulai dari SP 2, 3, sektor SP 1, sektor SP 4, sektor SP 5 , sektor Bintuni Timur, sektor Bintuni Tengah dan sektor Bintuni Barat .

    “Dengan dilaksanakannya Porseni ini di samping kita mengembangkan bakat-bakat yang ada dari anggota dan pada kegiatan ini kita dapat memupuk tali persaudaraan. Agar dapat saling mengenal antara sektor yang satu dengan sektor lain,” ujarnya.

    Baca juga:  Bikin Bangga! Dua Pelajar Papua Barat Raih Medali Perunggu KSM Tingkat Nasional

    Dan Topan Sarungallo sebagai Sekretaris Umum IKT Teluk Bintuni pada kesempatan itu menjelaskan, dalam program kerja periode ini, Porseni sudah empat kali dilaksanakan selama IKT terbentuk di Kabupaten Teluk Bintuni.

    “Dan kegiatan Porseni ini biasanya kita laksanakan dua kali dalam setahun yaitu pra Paskah dan pra Natal. Semua masyarakat Toraja terlibat dalam kegiatan ini. Semua sektor. Kami juga ada wilayah , wilayah Babo Raya, Sumuri Raya dan Moskona Raya. Cuman kali ini karena kondisi tidak memungkinkan maka kami tidak mengundang dari wilayah,” jelas Dan Topan.

    Baca juga:  Musda IKT Teluk Bintuni: Panitia Sudah Jaring 5 Bakal Calon Ketua

    Dan Topan mengatakan, saat ini jumlah anggota IKT Teluk Bintuni ada 700 kepala keluarga.

    Selanjutnya Ketua Pemuda IKT Teluk Bintuni, Fransiskus Sugianto mengatakan kegiatan Pekan Olahraga dan Seni kali ini menjadi tanggung jawab pemuda IKT.

    “Puji Tuhan dari pembentukan panitia hingga hari ini kegiatan Porseni dapat berjalan dengan baik. Kami berharap agar ke depan peran pemuda lebih baik lagi untuk wadah ini, karena pemuda adalah pilar di Kerukunan Keluarga Toraja,” tutupnya. (LP5/red)

    Latest articles

    Selamat! Petrus Kasihiw Raih Gelar Doktor Lingkungan di Unipa

    0
    MANOKWARI,LinkPapua.com- Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw berhasil meraih gelar doktor bidang lingkungan usai menjalani ujian promosi di Universitas Papua, Selasa (23/42024). Petrus Kasihiw mempertahankan...

    More like this

    Selamat! Petrus Kasihiw Raih Gelar Doktor Lingkungan di Unipa

    MANOKWARI,LinkPapua.com- Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw berhasil meraih gelar doktor bidang lingkungan usai menjalani...

    Cegah Banjir, Kodim 1806/TB Bersihkan Parit di Kampung Banjar Ausoy

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Komandan Kodim 1806/TB, Letkol Inf Teguh Eko Efendi memimpin pembersihan parit sepanjang...

    Hilang Saat Berburu, Yahya di Temukan Meninggal di Hutan Anggori

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Sempat dinyatakan hilang saat berburu, seorang warga bernama Yahya ditemukan meninggal dunia...