25.8 C
Manokwari
Jumat, Februari 23, 2024
25.8 C
Manokwari
More

    Mendagri Tito Resmikan Provinsi PBD: Segala Urusan Tinggal Diurus di Sorong

    Published on

    JAKARTA, LinkPapua.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, menegaskan pembentukan Provinsi Papua Barat Daya (PBD) ditujukan untuk pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

    Melalui peresmian daerah otonomi baru itu, diharapkan akan memperpendek birokrasi yang semula terpusat di Manokwari, kini beralih ke Sorong.

    Mendagri Tito menyampaikan itu saat memberikan sambutan pada peresmian sekaligus pelantikan Penjabat (Pj) Gubernur PBD di Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, Jumat (9/12/2022).

    Baca juga:  Mendagri: Pemerintah Daerah Berperan Ciptakan Pemilu Damai dan Berkualitas

    “Harapan kita juga akan memperpendek birokrasi, tidak perlu lagi nanti koordinasi, komunikasi harus ke Manokwari dari Sorong Raya, (sekarang) cukup ke Kota Sorong sebagai ibu kota,” kata Mendagri Tito.

    Pembentukan provinsi baru di Papua merupakan solusi dalam rangka mengoptimalkan pelayanan publik. Langkah ini dinilai dapat memperpendek rentang kendali (span of control) pemerintahan, sehingga lebih efisien dan efektif, yang sejalan dengan prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).

    Baca juga:  Harkonas 2022, Wamendag Dorong Konsumen Membeli Produk Dalam Negeri

    “Perlu dilakukan pemekaran untuk mempersingkat birokrasi, memotong birokrasi yang panjang di tengah medan geografi Papua yang tidak mudah, serta ketersebaran yang sangat tinggi,” ujarnya.

    Baca juga:  Sinergi dengan Satgas Pangan dan Bea Cukai, Kemendag Gagalkan Ekspor Minyak Goreng ke Timor Leste

    Pada kesempatan yang sama, ia juga meminta semua pihak untuk membantu Pj Gubernur PBD yang telah dilantik untuk dapat mewujudkan cita-cita bersama dalam menyejahterakan masyarakat Papua lewat pemerataan pembangunan dan percepatan reformasi birokrasi. (*/Red)

    Latest articles

    Pleno di Distrik Kokas Fakfak Diduga Dimanipulasi, Suara Uswanas dari 119...

    0
    KOKAS,LinkPapua.com– Pleno rekapitulasi perolehan hasil suara Pemilu 2024 di Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua Barat diduga dimanipulasi. Sejumlah caleg melaporkan suaranya berkurang, sementara ada...

    More like this

    Resmi! Jokowi Lantik Hadi jadi Menko Polhukam, AHY Menteri ATR/BPN

    JAKARTA, linkpapua.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Politik,...

    Hari ini Reshuffle, Hadi Ganti Mahfud, AHY jadi Menteri ATR/BPN

    JAKARTA, linkpapua.com- Reshuffle kabinet akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu hari ini (22/2/2024)....

    Isu Reshuffle Besok: Hadi Diplot jadi Menkopolhukam, AHY Isi Kursi Menteri ATR

    JAKARTA,linkpapua.com- Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melakukan reshuffle kabinet, Rabu besok (21/2/2024). Isu yang...