27.9 C
Manokwari
Selasa, Februari 27, 2024
27.9 C
Manokwari
More

    Mendagri Tito Teken Prasasti, Papua Barat Daya Resmi Jadi Provinsi Ke-38

    Published on

    JAKARTA, LinkPapua.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, atas nama Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan daerah otonom baru (DOB) di Papua, yakni Provinsi Papua Barat Daya (PBD). PBD kini resmi jadi provinsi ke-38 Indonesia.

    Peresmian dilakukan secara simbolis di Kantor Kemendagri, Jakarta, Jumat (9/12), ditandai dengan penabuhan tifa dan penandatanganan prasasti.

    “Saya Mendagri atas nama Presiden RI dengan ini meresmikan Provinsi Papua Barat Daya. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2022. Semoga Tuhan Yang Maha Juasa meridai kita semua,” kata Tito.

    Baca juga:  Gubernur Papua Temui Mendagri Dukung Pemekaran

    Tito juga melantik Penjabat Gubernur PBDm Muhammad Musa’ad. Hal itu sesuai dengan Keputusan Presiden RI Nomor 22/P Tahun 2022 tentang Pengangkatan Penjabat Gubernur Provinsi Papua Barat Daya.

    Musa’ad akan menjabat sebagai Pj Gubernur PBD terhitung sejak pelantikan dengan masa jabatan paling lama satu tahun. Dalam pelantikan itu Musa’ad mengucapkan sumpah janji jabatan menurut agama Islam yang dituntun Tito.

    Baca juga:  Sambut tahun baru, Pos Moenamai Satgas Pamrahwan Yonif Raider 500/ Sikatan hadiri doa bersama warga Dogiyai

    “Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Penjabat Provinsi Papua Barat Daya dengan sebagai baiknya dan seadil-adilnya,” kata Musa’ad membacakan sumpahnya.

    “Memegang teguh UUD tahun 1945 dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti pada masyarakat nusa dan bangsa,” lanjutnya.

    Baca juga:  Tito: Pencegahan Korupsi Harus Diutamakan, tapi OTT juga Penting

    Sebelumnya, pemerintah telah meresmikan tiga daerah otonom baru (DOB) di Papua, yakni Provinsi Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan. Peresmian dilakukan secara simbolis oleh Tito atas nama Presiden Jokowi di Kantor Kemendagri, Jakarta, Jumat (11/11/2022). (*/Red)

    Sumber: CNN Indonesia

    Latest articles

    Ratusan Personel Polda Papua Barat Tandatangani Pakta Integritas Dikbangum Polri T.A....

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Kepolisian Daerah Papua Barat melalui Biro SDM menggelar Penandatanganan pakta integritas serta pengambilan sumpah panitia dan peserta seleksi yang dilakukan secara Virtual yang...

    More like this

    Forum Masyarakat SAIRERI Usul Keterwakilan OAP di DPR RI dari Jalur Afirmasi

    MANOKWARI, linkpapua.com- Ketua Forum Masyarakat SAIRERI, Derek Ampnir mengatakan, untuk mencegah konflik pasca-Pemilu 2024,...

    Resmi! Jokowi Lantik Hadi jadi Menko Polhukam, AHY Menteri ATR/BPN

    JAKARTA, linkpapua.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Politik,...

    Hari ini Reshuffle, Hadi Ganti Mahfud, AHY jadi Menteri ATR/BPN

    JAKARTA, linkpapua.com- Reshuffle kabinet akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu hari ini (22/2/2024)....