26.8 C
Manokwari
Selasa, Februari 27, 2024
26.8 C
Manokwari
More

    KPU Papua Barat Plenokan Hasil Verifikasi Administrasi Balon Anggota DPD RI

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Barat melaksanakan rapat pleno rekapitulasi hasil verifikasi administrasi dukungan minimal pemilih bakal calon (balon) anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI daerah pemilihan (dapil) Papua Barat di Aula Kantor KPU Papua Barat, Rabu (25/1/2023).

    Rapat pleno dipimpin Ketua KPU Papua Barat, Paskalis Simunya, bersama empat komisioner lainnya. Pleno juga dihadiri komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Papua Barat dan perwakilan dari masing-masing bakal calon anggota DPD RI perwakilan Papua Barat.

    Paskalis mengatakan, dalam sepekan ke depan ada waktu untuk proses perbaikan termin I dan akan diserahkan kembali ke KPU Papua Barat pada 1 Februari nanti.

    “Mereka perbaiki terutama yang BMS (belum memenuhi syarat) karena tadinya belum tanda tangan atau belum tuntas KTP-nya supaya tidak bolong-bolong lagi berarti akan diverifikasi. Apabila selesai verifikasi pakai ruangan aktivasi I selesai supaya kita pindah ke verifikasi faktual,” ujar Paskalis.

    Nanti, lanjut Paskalis, akan ada perbaikan termin II dan ada faktual I serta faktual II yang batasnya sampai April 2023 mendatang.

    Baca juga:  Verifikasi Administrasi DPD RI, Ketua KPU Papua Barat: Semua Bakal Calon Masih Aman

    “Sebenarnya ada ruang. Hanya, bagaimana calon itu tertib saja dan konsisten dengan data dukungan yang diberikan,” katanya.

    Hasil pleno menjadi tantangan calon sehingga bisa tersortir di posisi aman. Bakal calon masih bisa memasukkan dukungan untuk menggantikan dukungan yang tidak memenuhi syarat.

    “Nanti akan berproses sampai dengan penyerahan. Yang mau kita ingatkan di injury time April itu bahwa KPU akan mengeluarkan administrasi yang menjadi jaminan KPU RI menetapkan siapa yang lolos termin dan faktual. Dengan demikian, yang lolos boleh mendaftar di pencalonan yang tidak lolos silakan. Jadi 15 (bakal calon) ini belum aman,” terangnya.

    Berikut rekap hasil verifikasi administrasi dukungan awal untuk 15 bakal calon yang masuk dalam aplikasi Silon.

    1. Filem Wamafma jumlah dukungan yang memenuhi syarat 1.192 dari total jumlah dukungan yang diserahkan ke KPU sebanyak 1.377 tersebar di lima kabupaten.

    2. Yance Samonsabra jumlah dukungan yang memenuhi syarat 1.335 dari jumlah dukungan yang diserahkan ke KPU papua Barat sebanyak 1.480 yang tersebar di lima kabupaten.

    Baca juga:  DPT Ditetapkan Juni, Belum Rekam KTP-el Tak Bisa Memilih

    3. Wiliam Wamaty jumlah dukungan yang memenuhi syarat 694 dari jumlah dukungan yang diserahkan ke KPU papua Barat sebanyak 1.011 yang tersebar di lima kabupaten.

    4. Wiliam Abraham Ramar jumlah dukungan yang memenuhi syarat 788 dari jumlah dukungan yang diserahkan ke KPU papua Barat sebanyak 1.199 yang tersebar di enam kabupaten.

    5. Samad Rumalolas jumlah dukungan yang memenuhi syarat 944 dari total jumlah dukungan yang diserahkan ke KPU sebanyak 1.069 yang tersebar di enam kabupaten.

    6. Lamek Dowansiba jumlah dukungan yang memenuhi syarat 707 dari jumlah dukungan yang diserahkan ke KPU sebanyak 1.122 yang tersebar di enam kabupaten.

    7. Muda Kamudi jumlah dukungan yang memenuhi syarat 661 dari total dukungan yang diserahkan ke KPU sebanyak 1.036 tersebar di enam kabupaten.

    8. Abdullah Manarai jumlah dukungan memenuhi syarat 1.026 dari 1.235 dukungan yang diserahkan Yang diserahkan ke KPU yang tersebar di enam kabupaten.

    9. Arifin jumlah dukungan yang memenuhi syarat 832 dari total dukungan yang diserahkan ke KPU sebanyak 1.120 tersebar di enam kabupaten.

    Baca juga:  Filep Wamafma Pendaftar Pertama Calon Anggota DPD RI, Optimistis Terpilih Lagi

    10. Isak Mandacan jumlah dukungan memenuhi syarat 482 dari total dukungan yang diserahkan ke KPU sebanyak 1.029 berasal dari lima daerah dukungan.

    11. Jeferson Jemi Liunsanda jumlah dukungan memenuhi syarat 849 dari total dukungan yang diserahkan ke KPU sebanyak 1.131 yang tersebar di enam kabupaten.

    12. Suyanto jumlah dukungan yang memenuhi syarat 571 dari total dukungan yang diserahkan ke KPU sebanyak 1.418 tersebar di empat kabupaten.

    13. Adolf Fonataba jumlah dukungan yang memenuhi syarat 1.415 dari total dukungan yang diserahkan ke KPU 1.620 yang tersebar di enam kabupaten.

    14. Rudolf Anthonius Tondok jumlah dukungan yang memenuhi syarat 1.031 dari jumlah dukungan yang diserahkan ke KPU sebanyak 1.340 tersebar di tujuh kabupaten.

    15. Zakarias Fenetiruma jumlah dukungan yang memenuhi syarat 601 dari jumlah dukungan yang diserahkan ke KPU papua Barat sebanyak 1.160 yang tersebar di enam kabupaten. (LP9/Red)

    Latest articles

    Ratusan Personel Polda Papua Barat Tandatangani Pakta Integritas Dikbangum Polri T.A....

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Kepolisian Daerah Papua Barat melalui Biro SDM menggelar Penandatanganan pakta integritas serta pengambilan sumpah panitia dan peserta seleksi yang dilakukan secara Virtual yang...

    More like this

    Lantik 64 Kepsek-Pengawas, Bupati Hermus: Kerja dengan Baik, ini Amanah

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bupati Manokwari Hermus Indou melantik dan mengukuhkan pejabat fungsional pengawas dan kepala...

    Forum Masyarakat SAIRERI Usul Keterwakilan OAP di DPR RI dari Jalur Afirmasi

    MANOKWARI, linkpapua.com- Ketua Forum Masyarakat SAIRERI, Derek Ampnir mengatakan, untuk mencegah konflik pasca-Pemilu 2024,...

    Mahasiswa Geruduk Kantor Bawaslu Papua Barat, Tuntut Tindakan Tegas Pelanggaran Pemilu

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Puluhan massa yang terbagung dalam Solidaritas Mahasiswa Hukum Manokwari mendatangi kantor Badan...