27.3 C
Manokwari
Rabu, Mei 29, 2024
27.3 C
Manokwari
More

    Kodam XVIII/Kasuari Tunjukkan Kesiapan Jelang Latihan Gabungan TNI

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Upaya menunjukkan komitmen terhadap kualitas, Kodam XVIII/Kasuari, yang mengikuti Latihan Gabungan (Latgab) TNI untuk pertama kalinya, telah mengambil langkah-langkah persiapan jauh sebelum pelaksanaannya.

    Komando Tugas Pendaratan Gabungan (Kogasratgab) Kodam XVIII/Kasuari telah menggelar apel kesiapan Latgab TNI TA 2023 di Lapangan Makodam, Trikora, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat, Jumat (16/6/2023).

    Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema, dalam arahannya menggarisbawahi pentingnya melakukan pengecekan dan memastikan kesiapan seluruh satuan yang terlibat dalam mendukung Latgab ini, baik dari segi fisik maupun nonfisik. Menurutnya, kesiapan prajurit merupakan langkah awal yang harus diperhatikan dalam mendukung pelaksanaan Latgab TNI.

    Baca juga:  Kodam XVIII Kasuari Terima Sapi Kurban dari Panglima TNI dan Bupati Manokwari

    Memastikan kesiapan tersebut, pemeriksaan tingkat Kodam telah dilaksanakan, meliputi pengecekan personel, perlengkapan perorangan, perlengkapan satuan, dan alutsista yang akan digunakan. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua persiapan telah siap mendukung kegiatan Latgab TNI.

    “Saya berharap, jika masih ditemukan kekurangan dalam pemeriksaan tingkat Kodam hari ini, pada pemeriksaan tingkat lanjutan yang dilakukan satuan atas oleh Mabesad atau Mabes TNI, kekurangan tersebut tidak ditemukan lagi,” ujar Gabriel.

    Baca juga:  Natal 2021 Momen Terakhir 'Doamu', Dominggus Sampaikan Pesan Haru

    Gabriel juga menekankan kepada seluruh personel yang terlibat dalam kegiatan ini untuk senantiasa memelihara dan meningkatkan keimanan serta ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

    Ia juga mengajak mereka untuk memanfaatkan sisa waktu yang ada guna menyempurnakan kesiapan, baik secara individu maupun sebagai satuan. Selain itu, menekankan pentingnya pengamanan personel, materiel, berita, dokumen, dan kegiatan, serta koordinasi yang baik dengan instansi terkait.

    Sebelum dimulainya apel kesiapan, Gabriek didampingi Kasdam XVIII/Kasuari, Brigjen TNI Yusuf Ragainaga, dan diikuti Irdam XVIII/Kasuari, Kapoksahli Pangdam, Danrindam, para Asisten, para Kabalakdam, dan seluruh Dansat jajaran, telah mendengarkan paparan tentang kesiapan Latgab TNI TA 2023 yang disampaikan Pamen Ahli Pangdam XVIII/Kasuari bidang Manajemen Sishanneg, di ruang Yudha Makodam.

    Baca juga:  Lepas Kontingen Porwanas Papua Barat, Pj Gubernur Sampaikan Sejumlah Pesan

    Latgab TNI ini bertujuan meningkatkan profesionalisme prajurit TNI dalam melaksanakan operasi militer gabungan serta menguji kemampuan mereka dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan operasi gabungan. Latgab juga diharapkan dapat menghadapi kemungkinan kontingensi yang mungkin terjadi. (*/Red)

    Latest articles

    Kemenkumham Raih Penghargaan Digital Government Awards SPBE Summit 2024

    0
    JAKARTA, LinkPapua.com - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kembali meraih penghargaan Digital Government Awards dalam Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit 2024. Kemenkumham dinobatkan...

    More like this

    Kemenkumham Raih Penghargaan Digital Government Awards SPBE Summit 2024

    JAKARTA, LinkPapua.com - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kembali meraih penghargaan Digital Government Awards...

    Pembangunan Dermaga Tofoi Teluk Bintuni Capai 99%, Peresmian Dijadwalkan 6 Juni

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Dermaga Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) di Kampung Tofoi,...

    Penerimaan Bintara Polri dan Akpol Tahun 2024 Masuki Tahap Akhir

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Proses seleksi Polda Papua Barat memasuki tahap akhir. Dari 8.000 peserta di...