26.6 C
Manokwari
Senin, April 15, 2024
26.6 C
Manokwari
More

    Jelang Nataru, Bulog Manokwari: Stok Bapok Aman untuk Tiga Bulan ke Depan

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Ketersediaan atau stok bahan pokok (bapok) di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, aman untuk tiga bulan ke depan atau hingga Januari 2023 mendatang.

    “Jadi, bisa sampai dengan Januari 2023. Untuk stok beras kita pastikan masih relatif aman untuk tiga bulan ke depan dan menjelang hari Natal dan tahun baru (nataru). Ini kita sudah siapkan dari awal untuk menjaga ketersediaan stok,” kata Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Manokwari, Firman Mando, kepada wartawan, Rabu (16/11/2022).

    Baca juga:  Jelang Nataru, Kapolri Bicara Ancaman Terorisme dan Kriminal Jalanan

    Firman menjelaskan, komoditas beras premium di Bulog kurang lebih ada 100 ton. Stok ini bisa bertahan sampai Januari 2023. Kemudian, ada komoditas gula pasir 32 ton, minyak goreng 34.000 liter, dan tepung terigu 23 ton.

    “Ini kita siapkan secara masif melakukan stabilisasi harga di tingkat konsumen sehingga diharapkan dapat membantu masyarakat, khususnya di Manokwari, akan memperoleh bahan pokok sehari-hari dengan harga yang cukup terjangkau,” terangnya.

    Baca juga:  Terapkan Prokes Ketat, Ratusan Jemaah Hadiri Salat Id di Masjid Darul Ulum

    Firman mengungkapkan, komoditas seperti minyak goreng minyak Bulog jual dengan harga Rp14.000 per liter. Kemudian, gula pasir Rp14.000 per kilogram, tepung terigu Rp14.000 per kilogram, dan beras premium Rp11.000 per kilogram.

    “Jadi, sangat-sangat terjangkau bagi masyarakat dibandingkan dengan harga yang ada di pasaran. Belinya bisa ke kantor atau bisa juga melalui mitra-mitra kami,” tuturnya.

    Baca juga:  Diperiksa 9 Jam, Kejati Papua Barat Tahan Tersangka Korupsi Bulog Martha Mulu

    Firman melanjutkan, program stabilisasi harga ini akan diawasi, baik dari pemerintah daerah melalui instansi terkait dan satuan tugas (satgas) pangan.

    “Beras ini, kan, merupakan program pemerintah untuk melakukan stabilisasi harga sehingga memang kita sudah kerja sama dengan pihak terkait untuk melakukan pengawasan,” ucapnya.

    Jika ada ditemukan pelanggaran-pelanggaran di lapangan, kata dia, akan dilakukan penindakan sesuai ketentuan. (LP9/Red)

    Latest articles

    Kapolda Papua Barat Angkat Bicara Soal Insiden Oknum TNI-Polri di Kota...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Pasca adanya perselisihan yang terjadi antara oknum TNI-Polri di Pelabuhan Kota Sorong pada hari Minggu (14/4/2024) Pagi, pimpinan dari institusi tersebut menjelaskan penyebab...

    More like this

    Halal bi Halal, Pj Gubernur Ali Baham Bicara Pentingnya Mendorong Produksi Pangan

    MANOKWARI, linkpapua.com-Pemerintah Provinsi Papua Barat bersama Pemerintah Kabupaten Manokwari menggelar halal bi halal di...

    KPU Manokwari Umumkan LPPDK Parpol

    MANOKWARI, Linkpapua.com- KPU Kabupaten Manokwari telah mengumumkan hasil audit Laporan Penerimaan dan Penggunaan Dana...

    Polda Papua Barat Sebut Perayaan Idul Fitri 1445 H di Wilayahnya Aman dan Kondusif

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Pelaksanaan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah di Provinsi Papua Barat dan...