24.2 C
Manokwari
Jumat, Juli 19, 2024
24.2 C
Manokwari
More

    HUT Proklamasi di Papua Barat digelar Sederhana

    Published on

    Manokwari-Upacara hari ulang tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Provinsi Papua Barat digelar secara sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

    Tak seperti tahun-tahun sebelumya, peserta upacara yang digelar di lapangan apel Kantor Gubernur Papua Barat di Manokwari itu hanya diikuti oleh tak lebih dari 100 orang. Masing-masing perwakilan anggota TNI dan Polri, Korpri, Basarnas, Komite Nasional Pemuda Indonesia dan pelajar SMA.

    Baca juga:  DPR Ingatkan Gubernur Papua Barat Segera Serahkan LKPJ Akhir Periode

    Begitu pula pasukan pengibar bendera pusaka atau Paskibraka, hanya dilakukan oleh tiga orang. Satu orang pemegang baki bendera dan dua lainya penggerek tali bendera.

    Meskipun demikian seluruh pimpinan daerah yang tergabung dalam forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) hadir pada udara tersebut.

    Upacara HUT Proklamasi ditengah pandemi virus corona ini juga digelar secara singkat. Diawali dengan detik-detik proklamasi pembacaan teks proklamasi, doa, pengibaran bendera merah putih. Lalu upacara ditutup, tanpa pembacaan amanat komandan upacara.

    Baca juga:  Gugus Tugas COVID-19 se-Papua Barat Diminta Terus Sigap

    “Beda karena kita masih dalam situasi COVID-19. Tidak seperti biasanya, tadi gubernur pun tidak menyerahkan bendera tapi mereka (Paskibra) sudah pegang dan langsung dibawa ke tiang untuk dikibarkan,” ucap gubernur.

    Baca juga:  Raih Suara Terbanyak DPD RI Papua Barat, Lamek Dowansiba Ungguli 2 Petahana

    Mandacan mengutarakan, anggota Paskibra yang dikukuhkan tahun ini hanya enam orang. Tiga orang bertugas untuk upacara pengibaran dan tiga sisanya pada upacara penurunan bendera.

    “Tahun ini juga tidak ada lomba-lomba seperti sebelumnya. Kondisi seperti ini jadi kita laksanakan dengan mempertimbangkan faktor kesehatan,” kata Dominggus lagi.(LPB1/Red)

    Latest articles

    Polda Papua Barat Terjunkan Ratusan Personel dalam Operasi Mantap Praja Mansinam...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam operasi Mantap Praja Mansinam I, Polda Papua Barat akan mengirimkan personelnya di wilayah Papua Barat dan Papua Barat Daya (PBD). Operasi...

    More like this

    Polda Papua Barat Terjunkan Ratusan Personel dalam Operasi Mantap Praja Mansinam I

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam operasi Mantap Praja Mansinam I, Polda Papua Barat akan mengirimkan personelnya...

    Instruksi Ali Baham ke OPD: Agustus Serapan Anggaran Harus di Atas 50%

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere mengingatkan seluruh perangkat daerah...

    Program Pengadaan Ayam Petelur di Papua Barat Tak Jelas, Peternak OAP Kecewa

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Asosiasi Ayam Petelur (Asapter) Kabupaten Manokwari, Papua Barat, mempertanyakan pengadaan 5.000...