26.8 C
Manokwari
Sabtu, April 20, 2024
26.8 C
Manokwari
More

    DPRD Minta Pemkab Terbuka Soal Planing Pembangunan Ulang Pasar Wosi

    Published on

    MANOKWARI, linkpapua.com- Anggota DPRD Manokwari Masrawi Ariyanto bertemu dengan para pedagang korban kebakaran Pasar Wosi, Senin malam (9/5/2022). Dalam pertemuan itu sejumlah kekhawatiran disampaikan para pedagang.

    “Ada beberapa kekhawatiran mereka ke depan. Pertama soal rehabilitasi bangunan pasar. Kedua soal bangunan sementara yang mereka butuhkan. Dan juga termasuk validasi data pedagang,” terang Masrawi.

    Menurutnya, kekhawatiran ini wajar. Karenanya, pemkab harus bersikap terbuka terhadap segala yang berkaitan dengan Pasar Wosi.

    Baca juga:  PKS Papua Barat Gelar Rakor Rekrutmen Caleg untuk Pemilu 2024

    Pertemuan dengan pedagang juga dihadiri anggota DPR Papua Barat Mugiyono dan tenaga ahli bupati Imam Muslih.

    “Pedagang meminta agar pemda memberikan ijin dalam pendirian los yang sudah terbakar. Termasuk mereka juga ingin tahu seperti apa planing ke depan dari pemda,” jelas Masrawi.

    Masrawi juga menyinggung soal validasi data pedagang. Menurut dia ini penting agar ada jaminan bahwa pedagang lama yang jadi korban tetap akan terakomodir saat pembangunan ulang nanti.

    Baca juga:  Pasca Kebakaran Pasar Wosi, Pemkab Manokwari Janjikan Penataan Ulang

    “Karena mereka khawatir soal validasi data pedagang. Jangan sampai nanti ada klaim dari pihak yang memang tidak masuk dalam data pemilik lapak di pasar yang terbakar tersebut,” ujar Masrawi.

    Dikatakan politisi PKS itu, kerugian setiap pedagang mencapai ratusan juta rupiah. Seluruh barang yang ada di los habis terbakar.

    “Los yang terbakar itu memang pedagangnya beragam. Ada yang jual baju, konter hp, peralatan rumah tangga dan beberapa jenis barang lainnya. Akibat kebakaran kerugian setiap pedagang paling sedikit ratusan juta, bahkan ada yang sampai 1 miliar,” katanya.

    Baca juga:  Bebas COVID-19, Waran siap lanjutkan tahapan Pilkada Mansel

    Ada ratusan lapak yang terbakar dari 6 los. Dengan kerugian tersebut pedagang juga berharap ada bantuan dari pemda.

    Pemda Manokwari sendiri akan melakukan penataan Pasar Wosi. Pasalnya kebakaran tersebut bukan pertama kali. Sebelumnya pada beberapa bulan yang lalu, juga terjadi kebakaran yang menghanguskan puluhan lapak di pasar Wosi. (LP3/Red)

    Latest articles

    Pemkab dan Pemprov Siapkan Ganti Rugi Warga Terdampak Alihtrase Rendani

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bupati Manokwari Hermus Indou Jumat(19/4/2024) menggelar pertemuan dengan warga terdampak pembangunan alihtrase jalan menuju bandara Rendani. Disampaikannya, Pemda Manokwari dan Pemprov Papua Barat...

    More like this

    Pemkab dan Pemprov Siapkan Ganti Rugi Warga Terdampak Alihtrase Rendani

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bupati Manokwari Hermus Indou Jumat(19/4/2024) menggelar pertemuan dengan warga terdampak pembangunan alihtrase...

    Rela Pensiun Dini, Dominggus Rumadas Siap Maju Jadi Calon Bupati Manokwari

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Salah satu putera Doreri, Dominggus Rumadas memutuskan untuk maju sebagai bakal calon...

    Tren Kasus DBD Naik, Dinkes Papua Barat Lakukan Edukasi di Masyarakat

    MANOKWARI, linkpapua.com- Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat Feny Maya Paisey mengatakan, tren kasus DBD...