26.3 C
Manokwari
Rabu, Juli 24, 2024
26.3 C
Manokwari
More

    Dinkes Papua Barat dan Global Fund Gelar Orientasi Pelayanan Terpadu Perangi Malaria

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Papua Barat bekerja sama Global Fund (GF) menggelar orientasi orientasi pelayanan terpadu program malaria dengan kesehatan maternal dan neonatal bagi tenaga kesehatan (nakes).

    Kegiatan ini dihadiri nakes yang bertugas di wilayah Papua Barat dan Papua Barat Daya yang berlangsung di Swiss Belhotel, Kabupaten Manokwari, Kamis (14/9/2023).

    Baca juga:  Ketua Bawaslu Mansel Ingatkan PTPS Jangan Bertindak di Luar Wewenang

    Malaria memang masih menjadi masalah kesehatan di Papua Barat. Data terbaru Sistem Informasi Surveilans Malaria (Sismal) 2022 mencatatkan terdapat 13.079 kasus penderita malaria di Papua Barat. Sebanyak 56 persen di antaranya berasal dari Manokwari.

    Kepala Seksi Program Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Dinkes Papua Barat, Edi Sunandar, menjelaskan peserta yang diundang khususnya berasal dari wilayah-wilayah dengan tingkat endemis malaria yang tinggi.

    Baca juga:  Liga Inggris: City, Liverpool, dan Chelsea Kembali Menang, Persaingan Pucuk Klasemen Makin Ketat

    “Ibu hamil dan balita yang meninggal karena malaria di beberapa wilayah mengalami peningkatan jumlah penderita malaria,” ujarnya.

    Ia menyoroti pentingnya tes cepat dalam mengantisipasi kasus malaria serta perlunya peningkatan pemeriksaan pada balita sebagai tahap diagnosis awal.

    Ketua panitia acara, Wily M, menyatakan kegiatan ini merupakan salah satu upaya nyata untuk percepatan penurunan angka kematian akibat malaria, terutama pada ibu hamil.

    Baca juga:  Sambut HUT PI, Pemprov-DPD KNPI Papua Barat Gelar Lomba Vokal Grup Lagu Gerejawi

    “Tujuan orientasi untuk meningkatkan kapasitas para petugas dan puskesmas terkait integrasi malaria dalam program KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) serta terinputnya laporan dan pencatatan integrasi malaria KIA di Sismal,” ungkapnya. (LP3/Red)

    Latest articles

    Tegas! DAP Dukung Orgenes Wonggor jadi Ketua DPR PB 2024-2029

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Dukungan kepada Orgenes Wonggor untuk kembali duduk sebagai Ketua DPR Papua Barat periode 2024-2029 terus mengalir. Kali ini datang dari Dewan Adat...

    More like this

    Tegas! DAP Dukung Orgenes Wonggor jadi Ketua DPR PB 2024-2029

    MANOKWARI, linkpapua.com- Dukungan kepada Orgenes Wonggor untuk kembali duduk sebagai Ketua DPR Papua Barat...

    P2TIM-TB Kukuhkan 96 Siswa, Diharap Siap Hadapi Persaingan Global

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Pusat Pelatihan Teknik Industri dan Migas Teluk Bintuni (P2TIM-TB) mengukuhkan 96 siswa...

    Polisi Sebut 24 TPS di Bintuni Sangat Rawan: Moskona-Wamesa Terbanyak

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com - Polres Teluk Bintuni menggelar sosialisasi kamtibmas menyongsong Pilkada 2024 di Gedung...