26.8 C
Manokwari
Senin, Juli 15, 2024
26.8 C
Manokwari
More

    Didera Gelombang Kedua Covid-19, Pemeriksaan Swab di Bintuni Meningkat

    Published on

    Manokwari-Pemeriksaan sampel swab di Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, meningkat setelah didera gelombang kedua COVID-19.

    Sesuai data Satgas COVID-19, setelah kasus baru ditemukan pada 26 Agustus 2020, jumlah konfirmasi positif di daerah itu terus meningkat dan saat ini sudah mencapai 125 orang.

    Semula daerah penghasil minyak dan gas bumi (Migas) itu sudah berhasil kembali ke zona hijau. Setelah kasus baru ditemukan, kegiatan screnning, penelusuran kontak dan pemeriksaan usap tenggorokan kembali ditingkatkan.

    Baca juga:  Jadi Lokasi Upacara HUT Kemerdekaan RI, ASN Pemprov PB Bersih-bersih Stadion Sanggeng

    “Kota Sorong, Manokwari, Kabupaten Sorong, Teluk Bintuni, Sorong Selatan dan Teluk Wondama saat ini sedang bekerja keras melawan COVID-19. Pemeriksaan Swab ditingkatkan untuk menemukan orang yang sudah terpapar, lalu mengisolasinya agar tidak menular kepada yang lain,” ucap Juru Bicara Pemprov Papua Barat pada percepatan penangana COVID-19, Arnoldus Tiniap, Selasa (8/9).

    Untuk pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) di Teluk Bintuni saat ini rata-rata hampir 100 sampel perhari. Pada 31 Agustus hingga 2 September lebih dari 300 sampel diperiksa. Dalam tiga hari itu pemeriksaan usap perhari bervariasi antara 113 hingga 116 sampel.

    Baca juga:  Lewat Mata Pena, Pemuda Diajak Melek Zaman 

    Pada Senin (7/9) sampel swab yang diperiksa di daerah itu mencapai 181. Dari pemeriksaan itu Satgas COVID-19 Teluk Bintuni mencatat tambahan konfirmasi positif sebanyak tujuh kasus.

    Baca juga:  Dirjen Otda Kemendagri Respons Positif Usulan Nataniel Mandacan Sebagai Pj Gubernur Papua Barat

    “Upaya Teluk Bintuni cukup bagus dalam penanganan COVID-19. Pemerintah daerah sejak awal pun berani membeli alat PCR untuk mendukung percepatan penanganan,” ucap Arnold lagi.

    Tiniap mengutarakan, grafik kasus COVID-19 di Papua Barat mengalami peningkatan cukup signifikan pada beberapa pekan terakhir. Ia berharap Satgas di setiap daerah tidak lengah, begitu pula masyarakat.

    “Harus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, setidaknya mengenakan masker dan rutin cuci tangan,” katanya.(LPB1/red)

    Latest articles

    Hari Pertama Operasi Patuh Mansinam, Satlantas Polresta Manokwari Berikan Teguran dan...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Hari pertama Operasi Patuh Mansinam yang digelar Satuan Lalu Lintas Polresta Manokwari pada Senin (15/7/2024) di jalan Siliwangi Kelurahan Padarni, sejumlah pengendara...

    More like this

    Stunting Papua Barat Masih di Angka 24%, Jacob Fonataba: Kita Terus Intervensi

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Pj Sekda Papua Barat Jacob Fonataba mengatakan, prevalensi stunting Papua Barat masih...

    Pimpin Apel, Jacob Fonataba Bicara Displin ASN hingga Hasil Audit BPK

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Pj Sekda Papua Barat Jacob Fonataba memimpin apel gabungan di Kantor Gubernur,...

    Bripka Septinus Arui Terima Penghargaan Hoegeng Awards 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo,M.Si memberikan apresiasi terhadap gelaran Hoegeng...