25.9 C
Manokwari
Selasa, April 16, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Biro Hukum Kemendagri Terbitkan Noreg Perdasi Tata Cara Pemilihan Calon Anggota MRPB

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Kunjungan Badan Pembuat Peraturan Daerah (Bapemperda) Dewan Perwakilan Rakyat Papua Barat (DPR PB) ke Biro Hukum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berbuah hasil positif.

    Dalam jangka waktu dua hari, Kemendagri melalui Biro Hukum menerbitkan nomor registrasi (noreg) revisi Peraturan Daerah Provinsi (Perdasi) Papua Barat Nomor 3 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pemilihan Calon Anggota Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB).

    Terbitnya noreg ini berdasarkan surat Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Barat Nomor: 188.34/161/SETDA-PB/ 2022 pada 15 Juni 2022.

    Kemendagri langsung menjawab dengan Surat pemberian registrasi peraturan daerah yang ditandatangani Kepala Biro Hukum Kemendagri, R. Gani Muhammad, Nomor: 188.341/122/NR/BHK pada 17 Juni 2022 ditujukan kepada Sekda Papua Barat di Kabupaten Manokwari.

    Baca juga:  KPU PB tunggu hasil tes kesehatan Waran-Rengkung

    “Noreg Peraturan Daerah Provinsi Papua Barat tentang Tata Cara Pemilihan Anggota Majelis Rakyat Papua Barat: (8-92/2022),” demikian tertera dalam surat Biro Hukum Kemendagri Nomor: 188.341/122/NR/BHK 17 Juni 2022.

    Wakil Ketua Bapemperda DPR Papua Barat, Syamsudin Seknun, mengapresiasi kerja cepat Biro Hukum Kemendagri melakukan koordinasi terkait temuan pihak legislatif Papua Barat sehingga terbitlah noreg produk hukum yang prinsip dan urgen ini.

    “Kami Bapemperda DPR Papua Barat mengapresiasi kepada Biro Hukum Kemendagri dan Direktorat PHD Dirjen Otda yang sudah melihat aspirasi dari DPR PB sehingga dalam waktu hanya dua hari surat ini ditelusuri dan akhirnya nomor registrasi diterbitkan,” kata Syamsudin kepada wartawan di sela-sela Rakernas Partai NasDem di JCC Jakarta, Jumat (17/6/2022).

    Baca juga:  Dewan Adat Papua: Klaim Arnold Kocu Keliru

    Dikatakan Sase, sapaan akrabnya, dengan terbitnya noreg ini, maka Biro Hukum Setda Papua Barat segera mengundangkan dalam lembaran daerah sehingga dapat digunakan sebagai acuan hukum oleh Kesbangpol untuk melakukan tahapan dan seleksi calon MRPB.

    Politisi NasDem ini berharap kepada Biro Hukum Kemendagri agar kerja cepat mengeluarkan noreg revisi Perdasus Nomor 3 Tahun 2019 tentang pengelolaan DBH Migas. “Perlu saya tegaskan, seluruh tahapan dan mekanisme sudah kami lewati dan pemberian pertimbangan MRPB pun sudah ada sehingga secara mekanisme sudah tidak ada masalah,” kata dia.

    Baca juga:  Mendagri Tito Dijadwalkan Kunker ke Papua Barat, Ini Bocoran Agendanya

    Perdasus ini, lanjutnya, sangat penting karena berkaitan dengan sistem penganggaran dan mekanisme pembagian dana DBH Migas, berhubungan dengan pembahasan APBD 2023. “Kami minta Biro Hukum Kemendagri, Direktorat PDH, dan Biro Hukum Setda Papua Barat untuk segera menyelesaikan produk hukum ini supaya digunakan sebagai acuan oleh pemprov dan pemda dalam sistem pengalokasian anggaran,” jelasnya. (LP2/Red)

    Latest articles

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari menggalang donasi sebagai aksi peduli terhadap bencana longsor yang melanda...

    More like this

    Halal bi Halal, Pj Gubernur Ali Baham Bicara Pentingnya Mendorong Produksi Pangan

    MANOKWARI, linkpapua.com-Pemerintah Provinsi Papua Barat bersama Pemerintah Kabupaten Manokwari menggelar halal bi halal di...

    Polda Papua Barat Sebut Perayaan Idul Fitri 1445 H di Wilayahnya Aman dan Kondusif

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Pelaksanaan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah di Provinsi Papua Barat dan...

    Pj Gubernur Ali Baham Gelar Open House Idulfitri di Kediaman Susweni

    MANOKWARI, linkpapua.com- Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere menggelar open house selama...