26.3 C
Manokwari
Rabu, Juli 24, 2024
26.3 C
Manokwari
More

    BI Papua Barat Gelar Edukasi Cinta, Bangga, Paham Rupiah untuk Pendidikan Ekonomi Pelajar

    Published on

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua Barat menggelar kegiatan edukasi bertajuk Cinta, Bangga, Paham (CBP) Rupiah di Woman Child Center, Jalan Raya Bintuni, Kabupaten Teluk Bintuni, Selasa (22/8/2023).

    Kegiatan ini memberikan pemahaman mendalam terhadap mata uang rupiah serta mengajarkan rasa cinta, bangga, dan pemahaman terhadap nilai-nilai ekonomi kepada pelajar tingkat SMP, SMA/SMK, guru, dan para pihak di sektor perbankan.

    Baca juga:  Musyawarah IDI Teluk Bintuni, Bupati Tekankan Jangan Beda-bedakan Pasien

    Deputi Kepala Perwakilan BI Papua Barat, James W.L. Tobing, mengatakan pentingnya pemahaman mengenai mata uang rupiah. Edukasi ini, kata dia, juga dimaksudkan membantu pelajar dan masyarakat umum memahami peran krusial perbankan dalam perekonomian dan bagaimana menjaga stabilitas nilai rupiah.

    “Dengan mengajarkan nilai-nilai ekonomi sejak dini diharapkan generasi muda dapat memiliki pemahaman yang lebih baik terhadap pentingnya stabilitas ekonomi,” katanya.

    Baca juga:  MUI Papua Barat : Pengurus Masjid Harus Mampu Indentifikasi Aliran Sesat  

    Ia turut menjelaskan peran serta fungsi utama BI sebagai bank sentral negara. Tugas utamanya meliputi pengaturan dan pemeliharaan stabilitas nilai rupiah, menjaga kestabilan sistem keuangan, serta merumuskan dan melaksanakan kebijakan moneter untuk mencapai tujuan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dan merata.

    Selain itu, BI juga memiliki tanggung jawab dalam mengeluarkan dan mengatur sirkulasi uang serta menjaga integritas sistem pembayaran di Indonesia, yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang mata uang.

    Baca juga:  Kampung Banjar Ausoy Teluk Bintuni Resmikan Gedung Kantor Baru

    Sekretaris Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Teluk Bintuni, Daniel Dudung, yang membuka kegiatan edukasi memberikan penghargaan kepada pihak BI atas upaya mereka dalam memberikan pemahaman sejak dini mengenai mata uang dan stabilitas ekonomi. Ia juga berpesan kepada semua peserta untuk mengikuti acara dengan penuh perhatian hingga akhir. (LP5/Red)

    Latest articles

    Tegas! DAP Dukung Orgenes Wonggor jadi Ketua DPR PB 2024-2029

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Dukungan kepada Orgenes Wonggor untuk kembali duduk sebagai Ketua DPR Papua Barat periode 2024-2029 terus mengalir. Kali ini datang dari Dewan Adat...

    More like this

    Tegas! DAP Dukung Orgenes Wonggor jadi Ketua DPR PB 2024-2029

    MANOKWARI, linkpapua.com- Dukungan kepada Orgenes Wonggor untuk kembali duduk sebagai Ketua DPR Papua Barat...

    P2TIM-TB Kukuhkan 96 Siswa, Diharap Siap Hadapi Persaingan Global

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Pusat Pelatihan Teknik Industri dan Migas Teluk Bintuni (P2TIM-TB) mengukuhkan 96 siswa...

    Polisi Sebut 24 TPS di Bintuni Sangat Rawan: Moskona-Wamesa Terbanyak

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com - Polres Teluk Bintuni menggelar sosialisasi kamtibmas menyongsong Pilkada 2024 di Gedung...