28 C
Manokwari
Selasa, Juli 16, 2024
28 C
Manokwari
More

    BI kembangkan pertanian terintegrasi di Papua Barat

    Published on

    Manokwari- Bank Indonesia mengembangkan integrated farming atau pertanian terintegrasi di Papua Barat untuk mendorong kemandirian pangan di daerah tersebut.

    Pada program ini BI merangkul Kodam XVIII/Kasuari, Polda Polda Papua Barat, Pankoarmada Sorong serta Fasharkan TNI Angkatan Laut Manokwari.

    Pada Selasa (13/10) pelatihan integrated farming digelar di Manokwari. Kegiatan itu menghadirkan petani muda dari Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai pemateri.

    Baca juga:  Sambut Nataru, BI Papua Barat Siapkan Uang Layak Edar Rp1.47 triliun

    Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Barat, Rut W. Eka Trisilowati pada kegiatan itu mengatakan, program tersebut saat ini masih berada pada tahapan awal. Pelibatan TNI dan Polri bertujuan untuk memanfaatkan lahan-lahan milik instansi tersebut sebagai pilot project.

    “Hari ini hingga besok kita akan laksanakan pelatih serta praktek kerja lapangan. Kami ingin mendorong pengembangan pertanian dan peternakan secara terpadu,” ucap Rut.

    Baca juga:  SKK Migas Terus Dorong Perkembangan Proyek LNG Abadi

    Dia menjelaskan, untuk mencukupi kebutuhan pangan, Papua Barat selama ini masih bergantung dengan daerah lain seperti Jawa, Sulawesi dan Maluku. Program ini diharap mampu mewujudkan Papua Barat lebih siap hal pangan.

    “Kita tahu potensi sumber daya alam di Papua Barat ini cukup melimpah, termasuk bidang pertanian dan peternakan itu. Kita integrasikan agar memperoleh profuk pangan yang lebih berkualitas dan tentunya sehat,” kata dia lagi.

    Baca juga:  Wagub Papua Barat Dorong TPID Susun Kebijakan Pengendalian Inflasi

    Kegiatan pelatihan ini dibuka Wakil Gubernur Papua Barat, Mohammad Lakotani. Hadir juga pada kegaitan itu Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa serta Wakapolda Papua Barat, Kombes Pol Patrige R Renwaren. (LPB1/red)

    Latest articles

    TNI-Polri Ingatkan Bahaya Penggunaan Senpi-Handak: Ancamannya Hukuman Mati!   

    0
    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Teluk Bintuni menyelenggarakan penyuluhan tentang bahaya penggunaan dan penyalahgunaan senjata api dan bahan peledak bagi...

    More like this

    RI Perkenalkan 135 Produk Indikasi Geografis di Jenewa, Ada Kopi hingga Hasil Laut

    JENEWA,linkpapua.com- Indonesia mendapatkan kesempatan emas untuk memperkenalkan 135 produk indikasi geografis lokal pada Sidang...

    Selama Mei 2024, Tiongkok Jadi Tujuan Utama Ekspor Papua Barat

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kepala BPS Papua Barat Ir. Merry dalam Release rutin BPS Papua Barat...

    Dinas Ketapang PB Gelar Gerakan Pangan Murah, Ada Tes Kesehatan-Donor Darah  

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Pemerintah Provinsi Papua Barat melalui Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) menggelar gerakan...