29 C
Manokwari
Senin, April 29, 2024
29 C
Manokwari
More

    6 Bulan Irigasi Jebol, Petani Banjar Ausoy Keluhkan Sawah Kesulitan Air

    Published on

    BINTUNI, Linkpapuabarat.com – Petani padi Kampung Banjar Asoy SP4 mengeluhkan saluran air (iringasi) yang jebol sejak 6 bulan lalu. Kondisi ini membuat irigasi tidak bisa mengaliri lahan persawahan secara optimal.

    Salah seorang petani padi, Ngadari, mengeluhkan saluran pengairan irigasi yang tidak kunjung diperbaiki oleh dinas terkait. Ia menuturkan, dinas pertanian sudah membantu membuatkan embung pengairan, tapi hanya cukup untuk mengairi 5 hektar sawah.

    Baca juga:  Ini Hasil Mediasi Kedua Pemda Bintuni dan Masyarakat Pemilik Ulayat Bandara Steenkool

    “Semoga bapak wakil bupati bisa membantu kami para petani. Selain saluran irigasi yang jebol, kami juga butuh kuota pupuk, pemasaran hasil pertanian, serta gudang,” ujarnya saat dialog dengan Wabup Teluk Bintuni, Rabu(24/2/21)

    Menanggapi keluhan petani, Wakil Bupati Matret Kokop, mengatakan irigasi ini adalah tanggung jawab pemerintah provinsi. Tetapi kabupaten yang memanfaatkannya. Sehingga tidak boleh dibiarkan begitu saja.

    Baca juga:  Disuntik Vaksin Covid-19 Dosis Kedua, Kajari Bintuni: Tidak Ada Gejala Apa Pun

    “Saya akan memanggil dinas terkait untuk segera diperbaiki. Karena bapak gubernur sudah menekankan untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat,” kata Wabup.

    Terkait soal gudang, kepala dinas pertanian akan segera mencari lokasi untuk gudang alat-alat pertanian. Hanya saja untuk gudang, harus ada pelepasan tanah serta sertifikat agar bisa segera dibangun.

    Baca juga:  Gugatan Terkait Rusaknya Barang Sitaan 2.605 Karton Bir, Plt Kajari Teluk Bintuni: Silakan, No Problem

    Sementara menyangkut ketersediaan pupuk Wabup meminta kadis pertanian segera membuat surat agar bisa bergerak cepat. Kata dia, pupuk ini sangat penting untuk mendorong kualitas hasil pertanian.

    “Bupati pun akan setuju, ini adalah kepentingan masayarakat banyak, urusan perut masyarakat, mudah-mudahan yang jadi kendala para petani, semua teralisasikan,” terang Wabup. (LPB5/red)

    Latest articles

    Musrenbang Papua Barat Tetapkan 47 Program Prioritas 2025, Infrastruktur Mendominasi

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Pemprov Papua Barat mencatat sedikitnya 47 program masuk dalam skala prioritas RKAPD 2025. Dari seluruh program ini, 17 item masuk dalam skala...

    More like this

    Kunker Bupati Petrus Kasihiw ke Beberapa Lokasi: Perkuat Infrastruktur dan Ekonomi Lokal

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com-Bupati Teluk Bintuni, Dr. Ir. Petrus Kasihiw, MT., melakukan kunjungan kerja yang bertujuan...

    Tanggapi Aksi Pemalangan oleh Pencaker, Bupati Kasihiw: Stop Bikin Gerakan Tambahan!

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com - Bupati Teluk Bintuni, Dr. Ir. Petrus Kasihiw MT, memberikan tanggapan terkait...

    Bupati Petrus Kasihiw Dukung Perayaan HUT Pattimura di Bintuni

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com - Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw melakukan pertemuan dengan panitia HUT Pattimura...