26.9 C
Manokwari
Kamis, Mei 2, 2024
26.9 C
Manokwari
More

    Bicara Restorative Justice, Wakapolres Teluk Bintuni Dorong Peran Polsek

    Published on

    Setiap polsek harus mengedepankan pemecahan masalah (problem solver) kepada masyarakat apabila ada laporan. Agar bisa diselesaikan tanpa harus ke pengadilan.

    MANOKWARI, Linkpapuabarat.com- Wakapolres Teluk Bintuni Kompol Eko Yusmiarto mendorong peran polsek dalam penyelesaian hukum lewat pendekatan restorative justice. Pendekatan ini dinilai lebih mengedepankan keadilan bagi korban dan pelaku.

    “Dan polsek jajaran memegang peran penting mendorong penyelesaian lewat jalan itu. Tanpa harus ke pengadilan. Jadi polsek bisa menjadi tempat mediasi yang memberi keadilan,” terang Wakapolres, Senin (22/2/2021).

    Baca juga:  Kelompok TPNPB-OPM Akui Tembak Mati Empat Pekerja Jalan di Teluk Bintuni, Lainnya Selamat

    Ia menjelaskan, tipologi beberapa polsek Papua Barat mendorong aparat mengedepankan pemeliharaan keamanan dan ketertiban di masyarakat. Agar setiap polsek melakukan tanggung jawab restorative justice. Di mana sedapat mungkin setiap laporan tidak meningkat ke pengadilan.

    Baca juga:  17 Januari, DPW PPP Papua Barat Mulai Penjaringan Balaceg

    Setiap polsek harus mengedepankan penyelesaian atau pemecahan masalah (problem solver) kepada masyarakat apabila ada laporan. Sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) agar bisa diselesaikan di tingkat polsek jangan sampai ke pengadilan,” katanya.

    Untuk itu kata Wakapolres, dibutuhkan kesepahaman yang dituangkan dalam MoU. MoU ini melibatkan beberapa pilar seperti pemerintahan, polres serta kejaksaan, untuk penyelesaian kasus perkara di luar peradilan.

    Baca juga:  Sungai Tersumbat Sampah, Warga Teluk Bintuni Protes dan Blokir Jalan

    Harapan untuk jajaran Polres Bintuni maupun polsek agar melaksanakan tugas tersebut sesuai dengan kebijakan Kapolri, agar setiap anggota paham apa yang menjadi prioritas Kapolri. Bukan hanya di atas kertas saja, tetapi betul-betul memberikan dampak yang postif kepada masyarakat,” tutup Wakapolres.(LPB5/red)

    Latest articles

    PFM Desak Kapolda Tindak Tegas Penjual Miras Oplosan di Papua Barat...

    0
    MANOKWARI,linkpapua.com-Anggota DPD RI terpilih, Mananwir Paul Finsen Mayor meminta Kapolda Papua Barat menindak tegas peredaran miras oplosan yang marak di Papua Barat Daya (PBD)....

    More like this

    38 CJH Ikuti Manasik Haji yang Digelar Kemenag Teluk Bintuni   

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.Com- Kementerian Agama Teluk Bintuni menggelar manasik haji bagi 38 calon jemaah haji...

    Kunker Bupati Petrus Kasihiw ke Beberapa Lokasi: Perkuat Infrastruktur dan Ekonomi Lokal

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com-Bupati Teluk Bintuni, Dr. Ir. Petrus Kasihiw, MT., melakukan kunjungan kerja yang bertujuan...

    Tanggapi Aksi Pemalangan oleh Pencaker, Bupati Kasihiw: Stop Bikin Gerakan Tambahan!

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com - Bupati Teluk Bintuni, Dr. Ir. Petrus Kasihiw MT, memberikan tanggapan terkait...