26.2 C
Manokwari
Sabtu, Oktober 26, 2024
26.2 C
Manokwari
More

    Pj Gubernur Ali Baham Apresiasi Program Kebun Hidroponik yang Digagas Tangguh LNG 

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com– Kebun hidroponik percontohan di Kampung Tanah Merah Baru (TMB) yang dikembangkan oleh Koperasi Mayri dan Tangguh LNG berhasil memanen 25 kilogram kangkung saat panen perdana. Kangkung ini ditanam di atas lahan seluas 150 m2.

    Kebun hidroponik TMB merupakan inisiatif pertama dari Tangguh LNG dalam menerapkan sistem hidroponik. Tanaman ini ditanam untuk memenuhi kebutuhan sayuran bagi penyedia boga di kilang LNG.

    Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere saat meninjau kebun hidroponik ini memberikan apresiasi atas inisiatif tersebut.

    “Program hidroponik ini adalah contoh yang sangat baik dalam pengembangan usaha pertanian di Bintuni. Selain memiliki potensi untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, program ini juga mendukung upaya penurunan angka stunting,” ujar Ali Baham.

    Program ini diharapkan dapat menciptakan pendapatan petani yang berkelanjutan, dan memberikan keahlian bertanam secara hidroponik kepada para petani yang kemudian dapat diterapkan di lahan-lahan lain.

    Baca juga:  Didesak Normalisasi Aliran Air di Sidey, PT MPHS Terkendala Alat Berat

    Habel Tanati, social performance & delivery manager bp Indonesia, mengatakan, inisiatif ini adalah langkah nyata Tangguh untuk memberdayakan masyarakat sekitar.

    “Dengan kebun hidroponik ini, kami tidak hanya meningkatkan pasokan sayuran segar, tetapi juga memberdayakan petani lokal dan menciptakan peluang ekonomi baru,” katanya.

    Program kebun hidroponik ini merupakan bentuk dukungan Tangguh LNG terhadap ketahanan pangan dan ekonomi lokal. Metode hidroponik dipilih karena dipandang lebih efisien dibandingkan dengan pertanian konvensional.

    Budidaya hidroponik dilakukan pada luasan lahan terbatas, dengan menggunakan nutrisi dan volume air yang minimal, penggunaan pestisida secara terbatas, dan kemungkinan panen setiap 3-4 minggu.

    Para petani dari Kampung Tanah Merah Baru sedang membudidayakan tanaman dengan metode hidroponik.

    Baca juga:  Tim Paduan Suara GAMKI Manokwari Siap Tampil di International Bandung Choral Festival

    Selain memproduksi bahan pangan, kebun hidroponik ini berfungsi sebagai wadah pembelajaran bagi petani dan masyarakat setempat.

    Petani yang terlibat, dilatih menggunakan sistem pertanian modern yang memanfaatkan teknologi hidroponik untuk bercocok tanam di lahan terbatas. Di samping itu, kebun hidroponik juga menjadi wadah pembelajaran bagi siswa sekolah terkait keterampilan STEM (science, technology, engineering, and mathematics) seperti teknik hidroponik, pengelolaan sumber daya, dan penelitian tanaman.

    Ekspansi program kangkung merupakan komoditas pertama yang berhasil dipanen di kebun hidroponik ini, dan dalam beberapa minggu mendatang, kebun ini akan memasok pakcoy dengan perkiraan hasil panen sebesar 70-80 kg ke penyedia boga Tangguh LNG.

    Selada juga akan menjadi salah satu komoditas utama yang dikembangkan di kebun ini.

    Baca juga:  Kejati Tetapkan FS Jadi Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Pembayaran TPP di Disnakertrans Papua Barat

    Sebagai bagian dari komitmen jangka panjang untuk meningkatkan perekonomian lokal, Tangguh LNG berencana memperluas program ini dengan membangun kebun hidroponik serupa di Kampung Saengga pada tahun 2025. Langkah ini bertujuan memperluas dampak positif pertanian hidroponik ke wilayah-wilayah lain di Teluk Bintuni.

    Di luar program hidroponik ini, Tangguh telah membina dan bekerja sama dengan koperasi-koperasi di beberapa distrik di Kabupaten Teluk Bintuni dan Fakfak – termasuk di Tanah Merah Baru, Babo, Bintuni, Tofoi, Weriagar, Kokas dan Arguni – guna menyediakan pasokan bagi penyedia boga Tangguh.

    Sampai dengan Juni 2024, pasokan untuk katering Tangguh dari koperasi-koperasi tersebut berupa ikan dan hasil laut lain, buah-buahan, sayuran dan hasil pertanian lainnya telah terserap lebih dari 5.637 ton.(rls/Red)

    Latest articles

    BNPT dan FKPT Papua Barat Lakukan Pencegahan Paham Radikalisme, Intoleransi dan...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bersama Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Papua Barat menggelar Forum Grup Discussion (FGD) untuk pencegahan paham radikalisme,...

    More like this

    BNPT dan FKPT Papua Barat Lakukan Pencegahan Paham Radikalisme, Intoleransi dan Terorisme

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bersama Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Papua...

    Mohamad Lakotani : Flobamora Sudah Berkontribusi bagi Papua Barat 

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Mohamad Lakotani menghadiri pelantikan Pengurus Rumah Besar Flobamora (PRBF) Manokwari periode 2024-2029...

    6 Kepala Suku Sorong Raya Deklarasi Dukung Dominggus-Lakotani

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Enam kepala suku se-Sorong Raya mendeklarasikan dukungan untuk pasangan calon Gubernur dan...