28.2 C
Manokwari
Jumat, September 20, 2024
28.2 C
Manokwari
More

    Harhubnas ke-53 di Papua Barat, Yacob Bicara Capaian Sektor Transportasi   

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Barat Yacob Fonataba memimpin upacara Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) ke-53 di Kantor Gubernur Papua Barat, Selasa (17/9/2024). Yacob mengatakan, Harhubnas merupakan momentum merefleksi kembali berbagai pencapaian di sektor transportasi.

    “Sesuai dengan tema Harhubnas yaitu transportasi maju Indonesia baru saya mengajak untuk menilik hal-hal yang telah diraih selama 10 tahun ini. Komitmen menjaga keberlanjutan dari pencapaian tersebut sekaligus menjadi catatan untuk di masa yang akan datang,” ujar Yacob saat membacakan sambutan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

    Baca juga:  Kadishub Bintuni Hentikan Bus AMB, Kasihiw Meradang: Jangan Asal

    Yacob mengatakan, peringatan Hari Perhubungan dapat dimaknai sebagai momentum untuk refleksi terhadap bakti dan karya yang telah diberikan di bidang transportasi. Sesuai dengan visi dan misi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yaitu terwujudnya Indonesia maju berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong.

    Menurutnya, sektor transportasi juga telah membuktikan komitmennya serta berkolaborasi agar seluruh Indonesia dapat terhubung, berdaulat dan meraih kemandirian ekonomi.

    “Di antara pembangunan yaitu Sulawesi yang memiliki infrastruktur perkeretaapian, dari 27 pembangunan bandar udara baru, 23 diantaranya di luar pulau Jawa, ratusan pelabuhan telah dibangun di pulau-pulau luar sehingga makin terhubung,” terang Yacob.

    Baca juga:  Januari Ini, Polda Papua Barat Lanjutkan Kasus Hibah Yayasan Tipari

    Lebih lanjut, Yacob mengatakan bahwa perlu disyukuri karena Indonesia telah layak untuk bersanding dengan negara maju lainnya karena kereta cepat dengan laju 350km/jam. Sehingga Jakarta-Bandung hanya 45 menit dan Indonesia adalah negara pertama di Asia yang menerapkan teknologi ini.

    Yacob menuturkan bahwa kereta tanpa masinis lintas raya terpadu (LRT) tidak hanya dinikmati di Jakarta tetapi juga di Palembang. Bahkan di ibu kota negara dapat merasakan kehadiran kereta otonom atau Autonomous Rail Rapid Transit (RRT). Berbagai angkutan ini tdak hanya nyaman tetapi juga ramah lingkungan.

    Baca juga:  Inspektorat Papua Barat Tegaskan Usut Tuntas Dana Hibah Pembangunan GKPMI Manokwari

    Selain itu, transportasi modern serta digitalisasi transportasi juga telah ditetapkan di seluruh Indonesia yang tentunya meningkatkan layanan transportasi sehingga lebih efisienefisien, efektif, nyaman dan mempermudah masyarakat.

    “Dari semua pencapaian itu tentunya atas bantuan dan kerja semua pihak sehingga saya menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya khususnya kepada seluruh insan transportasi yang secara pribadi telah bekerja keras mendedikasikan waktu dan tenaganya serta berjuang menghadiri berbagai risiko demi memberikan layanan yang optimal,” imbuhnya.(LP14/Red)

    Latest articles

    25 Anggota DPRK Wondama Resmi Dilantik, Bupati Hendrik Harap jadi Pengawal...

    0
    WASIOR,linkpapua.com– Sebanyak 25 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Teluk Wondama periode 2024-2029 resmi dilantik, Kamis (19/9/2024). Pelantikan berlangsung dalam rapat paripurna di Gedung...

    More like this

    25 Anggota DPRK Wondama Resmi Dilantik, Bupati Hendrik Harap jadi Pengawal Aspirasi Rakyat

    WASIOR,linkpapua.com– Sebanyak 25 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Teluk Wondama periode 2024-2029 resmi...

    Perkenalkan Seluk Beluk Pasar Modal, OJK Edukasi Soal Investasi Aman

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Otoritas Jasa keuangan (OJK) Papua menggelar Seminar Pasar Modal dalam rangka...

    Rayakan HUT Ketiga, Hermus Minta KKL Manokwari Ikut Menjadi Pilar Pembangunan

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kerukunan Keluarga Laporo (KKL) Manokwari merayakan hari ulang tahunnya yang ke 3...