29.9 C
Manokwari
Kamis, September 19, 2024
29.9 C
Manokwari
More

    Kembangkan Batik Lokal, PKK Teluk Bintuni Gelar Pelatihan Membatik

    Published on

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com-Tim Penggerak PKK Teluk Bintuni menggelar pelatihan membatik bagi kader. Pelatihan dilaksanakan di Balai Kampung Banjar Ausoi (SP 4) Distrik Manimeri, Senin (9/9/2024).

    Instruktur didatangkan langsung dari Jogjakarta. Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw dan Wakil Bupati Matret Kokop hadir membuka pelatihan ini.

    Bupati Petrus Kasihiw mengatakan, melalui seni membatik diharapkan mampu memunculkan pelaku usaha batik di Bintuni. Menurutnya, PKK bisa menjadi pelopor kerajinan membatik di Bintuni.

    “Saya harap PKK bisa mendorong itu mengajak ibu-ibu bisa rajin untuk membatik, karena ini cara untuk mendorong ekonomi keluarga,” ujarnya.

    Baca juga:  Allowisius Arfa dan Falentina Nafurbenan, Anggota Paskibraka Nasional Kembali ke Teluk Bintuni

    Petrus uga mengharapkan, dari hasil ini ada kader PKK yang khusus membuat ukiran batik khas Teluk Bintuni. Ke depan diharapkan batik menjadi budaya tersendiri yang bisa disesuaikan dengan sentuhan khas Papua khususnya Teluk Bintuni.

    Sementara itu, Ketua PKK Teluk Bintuni Frisca Pricilia mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan kader PKK menjadi mentor atau pelatih membatik. Harapannya kader yang dilatih ini nantinya bisa terampil untuk memberikan pelatihan yang sama kepada masyarakat.

    Baca juga:  Hermus Serahkan DPA 2024, Targetkan Peningkatan Perekonomian Daerah

    “Kami ingin di Bintuni bukan hanya sekedar membatik tapi tujuan utama kita 20 orang ini bisa menjadi mentor, jadi ketika pelatih siap kembali kami sudah siap,” kata Prisca.

    Adapun output dari kegiatan ini selain meningkatkan ekonomi masyarakat, pelatihan ini juga untuk mematenkan batik hasil kerajinan PKK Teluk Bintuni. Apalagi diketahui peminat batik di Bintuni ini banyak, sementara selama ini kebanyakan batik-batik yang beredar di Bintuni berasal dari luar Papua.

    Baca juga:  Geram Beras Bansos Dikomersialkan, Bupati Teluk Bintuni: Ini Keterlaluan!

    “Kami akan laporkan ke Perindagkop untuk izin dan mengesahkan batik PKK Teluk Bintuni, supaya seluruh OPD bisa menggunakan batik khas Teluk Bintuni,” ujarnya.

    Peserta pelatihan membatik ini, diikuti sebanyak 20 kader PKK dari kabupaten, Distrik Manimeri, organisasi kewanitaan Persit, Adhiyaksa dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda). Kegiatan ini akan digelar hingga Sabtu 14 September mendatang.(LP5/Red)

    Latest articles

    Rayakan HUT Ketiga, Hermus Minta KKL Manokwari Ikut Menjadi Pilar Pembangunan

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kerukunan Keluarga Laporo (KKL) Manokwari merayakan hari ulang tahunnya yang ke 3 pada Kamis (19/9/2024) di Manokwari. Bupati Manokwari, Hermus Indou dalam kesempatan...

    More like this

    Rayakan HUT Ketiga, Hermus Minta KKL Manokwari Ikut Menjadi Pilar Pembangunan

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kerukunan Keluarga Laporo (KKL) Manokwari merayakan hari ulang tahunnya yang ke 3...

    Sambut Pilkada 2024, KPU Papua Barat Gelar Jalan Santai di Teluk Bintuni  

    TELUK BINTUNI,LinkPapua - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua Barat menggelar jalan sehat menyongsong Pilkada...

    DPMK Papua Barat Salurkan Mesin Genset kepada 8 Kampung di Pegaf

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Provinsi Papua Barat menyalurkan bantuan berupa...