28.9 C
Manokwari
Jumat, Oktober 18, 2024
28.9 C
Manokwari
More

    Dinkes Gelar Rakerkesda di Wondama, Pj Sekda PB Singgung Penurunan Kasus Stunting

    Published on

    WASIOR, Linkpapua.com – Pj Sekda Papua Barat Yacob Fonataba membuka rapat kerja kesehatan daerah (Rakerkesda) ke-11 di Kantor Bupati Teluk Wondama, Kamis 27/7. Yacob Fonataba menyinggung pencapaian Pemprov Papua Barat dalam memangkas prevalensi stunting.

    “Rakerkesda merupakan agenda tahunan dinas kesehatan dalam rangka forum silahturahmi dan komunikasi serta sinkronisasi program kerja antara pemerintah pusat, daerah serta stakeholder yang terlibat dalam dunia kesehatan. Forum ini sangat penting dalam membangun sinergitas,” ujar Yacob.

    Baca juga:  Sudah 14 Orang Mendaftar Calon Anggota DPRK Teluk Wondama Jalur Otsus

    Rakerkesda 2024 mengangkat tema “Transformasi Pelayanan Kesehatan Melesat Menuju Papua Barat Mandiri, Adil dan Sejahtera”. Turut hadir seluruh stakeholder kesehatan.

    Yacob menyampaikan, dalam kegiatan pemerintah, kesehatan merupakan prioritas utama. Dua sektor lain yang tidak kalah penting kata Yacob, yakni pendidikan dan infrastruktur.

    “Ketika anggaran pemerintah keluar maka kesehatan menjadi utama dan mendapat anggaran yang besar,” ujarnya.

    Baca juga:  NasDem Bantah Gagalkan Matret Kokop Maju Pilkada Bintuni: Isu Murahan

    Yacob menambahkan dengan anggaran yang besar di bidang kesehatan maka harapannya pada raker ini dibahas program kerja yang strategis dan prioritas. Ia mengingatkan tentang rencana pembangunan untuk di Papua yaitu mengarahkan kepada Papua sehat, Papua cerdas dan Papua produktif.

    “Diharapkan hal ini juga dibahas dalam penentuan program kerja dinas kesehatan mengarahkan pada tiga poin utama pembangunan di Papua” Kata Yacob.

    Baca juga:  Tren Kasus DBD Naik, Dinkes Papua Barat Lakukan Edukasi di Masyarakat

    Yacob mengevaluasi terkait program kerja yang sudah dilaksanakan sebelumnya terkait PIN polio dan stunting. Di mana setelah dilakukan tindakan dan intervensi angka stunting menurun cukup drastis.

    Hanya saja, kata Yacob masih butuh kerja keras untuk memenuhi target nasional 14%. Hal ini juga perlu dibahas dalam Rakerkesda tahun ini. Agar program kerja terkait dan ke depan lebih tepat dan hasilnya meningkat. (LP14/red)

    Latest articles

    Dampingi HERO Kampanye di Padarni, Johanni Makatita: Jangan Ragu dengan HERO

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Pasangan Hermus Indou-Mugiyono (HERO) menggelar silaturahmi dengan warga kompleks Borobudur 2 kelurahan Padarni pada Jumat (18/10/2024). Silaturahmi tersebut disambut ratusan warga. Salah satu...

    More like this

    Dampingi HERO Kampanye di Padarni, Johanni Makatita: Jangan Ragu dengan HERO

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Pasangan Hermus Indou-Mugiyono (HERO) menggelar silaturahmi dengan warga kompleks Borobudur 2 kelurahan...

    Kapolda Isir Tinjau Produksi Surat Suara untuk Pilkada Papua Barat

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Kepala Kepolisian Daerah Papua Barat Irjen Pol. Johnny Eddizon Isir,S.I.K.,M.T.C.P. melaksanakan pengecekan proses...

    Hadapi Tantangan Ekonomi, DPM PTSP Papua Barat Harus Dorong Investasi 

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Asisten III Pemprov Papua Barat Otto Parorongan mengatakan, pengelolaan sumber daya alam...