26 C
Manokwari
Minggu, September 29, 2024
26 C
Manokwari
More

    Hari Malaria Sedunia Tingkat Nasional, Papua Barat Mendapatkan Dua Penghargaan

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com– Dalam rangka hari malaria sedunia tingkat nasional yang di selenggarakan paka tanggal 24 juni 2024 di Gedung Kementrian Kesehatan Republik Indonesia , Kabupaten Pegunungan Arkfak (Pegaf) bersama 16 Bupati Kabupaten dan walikota di Indonesia menerima sertifikat eliminasi malaria.

    Penghargaan yang diterima di waklili oleh Kepala Dinas Kesehatan Pegunungan Arfak ini merupakan tahapan setelah dilakukan penilaian oleh tim eliminasi nasional bahwah di Pegaf selama 3 tahun beruturut terbukti tidak ditemukan penularan setempat.

    ” Kasus malaria yang ada di Pegaf hampir rata-rata ditularkan dari Kabupaten Manokwari. Hal ini diketahui setelah setiap ada kasus oleh petugas puskesmas dimelakukan penyedikan epidemologi sehingga mendapat Kesimpulan bahwa selama ini tidak terjadi penuran kasus malaria di Pegaf,”ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat Dr Feny Mayana Paisey.M.Si melalui Release Senin (24/6/2024).

    Baca juga:  Pesparani Katolik Nasional II: Kontingen Papua Barat Buka Kans Rebut 2 Emas

    Selain itu Pegaf juga berhasil membuktikan bahwa pemeriksaan kasus dan sistem surveilans malaria dapat berjalan dengan baik dibuktikan dengan 100 % kasus dilakukan penyelidikan epdemiologi dan kelengkapan laporan 100 % serta target pemeriksaan tercapai melebihi yang ditargetkan.

    “Pegaf menjadi kabupaten ke 2 di Tanah Papua yang mendapat setifikat eliminasi malaria selatah Kabupaten Sorong Selatan. Selain itu juga Papua Barat juga menerima piala bergilir lomba pemeriksaan malaria Tingkat nasional yang di ikuti oleh perwakilan semua provinsi di indonesia,”tambahnya.

    Baca juga:  Dinkes Papua Barat Gencarkan Imunisasi di Sekolah, Ada Usulan Sediakan Vaksin HPV

    Perwakilan Papua Barat dari Kabupaten Teluk Wondama Puskesmas Windesi saudara Victor Imanuel Glen berhasil mejadi juara 1 tingkat nasional. Penilaian dalam kejuaraan ini menyangkut aspek kemampuan membaca slide malaria positif, negative , akurasi spesies dan menghitung jumlah parasite dalam darah.

    “Hal ini terjadi selain kemampuan individu dari seorang Viktor tetapi terdapat dukungan dari system Kesehatan yang telah dibentuk yaiut sistem peningkatan kapasitas yang cukup berjalan di Papua Barat khususnya di Teluk wondama, terdapat malaria center dan tempat On the job training maupun krossceker malaria dan Patelki sebagai organisasi profesi analis baik di provinsi maupun di kabupaten yang senantiasa membatu peningkatan kapasitas petugas mikroskopis secara berkala dan berkesinambungan,”tambah dia.

    Baca juga:  Pekan Imunisasi Polio 2024, Papua Barat Targetkan 85.718 Anak

    Disampaikannya, hari malaria dunia cukup membanggakan karena Papua Barat bisa mendapatkan perhargaan dua sekaligus. “Semoga di tahun depan kita bisa mempertahankan piala bergilir lomba mikroskopis ini dan terdapat kabupaten lainnya yang bisa eliminasi malaria,”tutupnya.(LP3/Red)

    Latest articles

    Dominggus Mandacan : Hermus dan Mugiyono Anak Saya

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Dominggus Mandacan dan Mugiyono menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W di masjid Al-Azhar Wosi pantai Sabtu (28/9/2024) malam. Dalam sambutan Dominggus Mandacan dihadapan warga...

    More like this

    Dominggus Mandacan : Hermus dan Mugiyono Anak Saya

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Dominggus Mandacan dan Mugiyono menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W di masjid Al-Azhar...

    Kadin Papua Barat Komitmen Berdayakan UMKM yang Dikelola OAP  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kamar Dagang Industri (Kadin) Papua Barat berkomitmen memberdayakan UMKM. Kadin menilai, UMKM...

    Buka LMD I BKPRMI, Mugiyono Pesan Pentingnya Regenerasi Pengurus

    MANOKWARI, Linkpapua.com- DPD Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Manokwari menggelar Latihan Management...