26.5 C
Manokwari
Selasa, September 17, 2024
26.5 C
Manokwari
More

    Ali Baham Harap Kehadiran Gugus Tugas Bisnis dan HAM Wujudkan Kesejahteraan

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere menghadiri acara Pengukuhan Gugus Tugas Daerah Bisnis Dan Hak Asasi Manusia Provinsi Papua Barat Tahun 2024 di Kantor Gubernur Papua Barat, Senin (10/6/2024). Ali Baham dalam sambutannya mengatakan bahwa pembangunan ekonomi merupakan Hak Asasi Manusia atau HAM merupakan pilar penting dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

    “Oleh karena itu diperlukan sinergis yang kuat antara pemerintah, wirausaha dan dengan masyarakat sipil untuk mencapai tujuan tersebut,” katanya.

    Baca juga:  Soal Temuan Beras Kedaluwarsa di Manokwari, Bulog: Cuma Salah Tempel Stiker

    Ali mengatakan pembentukan Gugus Tugas Daerah Bisnis dan Hak Asasi Manusia di Provinsi Papua Barat merupakan langkah baru dalam mewujudkan sinergitas tersebut. Hal ini diharapkan dapat menjadi wadah semua pihak untuk berkolaborasi dan bekerja sama dalam mendorong prinsip-prinsip HAM di wilayah Provinsi Papua Barat.

    Ia juga menjelaskan tugas-tugas Gugus Tugas Daerah Bisnis dan HAM ialah meningkatkan pemahaman dan kesadaran tentang para pemangku kepentingan antar bisnis serta HAM, mengembangkan regulasi dan mendukung bisnis yang menghormati HAM. Diharapkan kerja sama pemerintah, wirausaha dan masyarakat sipil.

    Baca juga:  Waterpauw Mulai Rotasi, Pekan ini 10 Pimpinan OPD Digeser

    Selain itu, melakukan pemantauan dan evaluasi dalam pelaksanaan bisnis dan HAM serta menyusun laporan berkala kepada pemerintah pusat dan daerah khususnya di wilayah Provinsi Papua Barat.

    Ia menambahkan bahwa hal ini sangatlah penting karena sejalan dengan percepatan pembangunan Papua 20 tahun akan datang.

    “Yang mana misinya ialah Papua yang sehat, Papua yang cerdas dan Papua yang Produktif”, jelasnya.

    Menurut Ali Baham, hak masyarakat itu ialah pendidikan, dan punya kehidupan yang layak. Namun ia juga tidak memungkiri bahwa pendapatan di Papua Barat masih rendah.

    Baca juga:  Miris! 32 Nelayan Jateng Telantar di Pelabuhan Manokwari Usai Ditipu Oknum TNI

    “Banyak potensi tapi belum produktif”, katanya.

    Ia berharap ke depannya ada evaluasi untuk masyarakat yang tidak tamat sekolah karena ini merupakan tugas dan tanggung jawab Gugus Tugas.

    “Selain sehat, harus cerdas juga. Karena rata-rata sekolah masyarakat kita hanya sampai SD bahkan ada juga yang tidak tamat SD. Oleh sebab itu merupakan tugas dan tanggung jawab Gugus”, ungkapnya.(LP12/Red)

    Latest articles

    Panitia HUT PPA Papua Barat Ke-12 dan Natal 2024 Terbentuk, ini...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Perkumpulan Perempuan Arfak (PPA) Provinsi Papua Barat menggelar ibadah rutin yang dirangkai pelantikan Panitia HUT PPA Papua Barat Ke- 12 Tahun dan panitia...

    HERO Siap Tantang BERBUDI di Pilkada Manokwari

    More like this

    Panitia HUT PPA Papua Barat Ke-12 dan Natal 2024 Terbentuk, ini Pesan Ketum Indriyanti Mandacan

    MANOKWARI, linkpapua.com- Perkumpulan Perempuan Arfak (PPA) Provinsi Papua Barat menggelar ibadah rutin yang dirangkai...

    Rikkes Hari Pertama Lancar, Edi Waluyo Akui cukup Melelahkan

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bakal calon Kelala Daerah Manokwari Bernat.S. Boneftar bersama Edi Waluyo sejak Minggu...

    HERO Siap Tantang BERBUDI di Pilkada Manokwari

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dengan diterimanya berkas pencalonan calon kepala daerah Manokwari Bernat.S. Boneftar-Edi Waluyo (BERBUDI)...