26.5 C
Manokwari
Selasa, September 17, 2024
26.5 C
Manokwari
More

    Basarnas Manokwari Ajarkan Pekerja Media Cara Resusitasi Jantung Paru-Pertolongan Pertama

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Badan SAR dan Rescue (Basarnas) Manokwari mengadakan pelatihan pertolongan pertama bagi para pekerja media. Pelatihan ini berfokus pada resusitasi jantung paru (CPR) yang dilaksanakan di Aula Basarnas Manokwari, Rabu (5/6/2024).

    Instruktur Basarnas Manokwari, Muhammad Hairul Basyar, menjelaskan berbagai penanganan dasar dalam pelatihan ini, termasuk cara pemindahan korban.

    Baca juga:  Keren! Terobosan Gubernur Papua Barat Soal Lingkungan Hidup Masuk 5 Kemenangan Dunia

    “Sasaran dari pemindahan korban adalah agar peserta mampu melakukan pemindahan darurat, pemindahan biasa, serta menggunakan peralatan evakuasi,” katanya. Dia menambahkan resusitasi jantung paru bertujuan mengembalikan kemampuan bernapas dan sirkulasi darah yang terhenti akibat kondisi tertentu.

    Baca juga:  Mati Mesin, Kapal Pengangkut Barang Hilang di Perairan Manokwari

    Basyar menekankan pentingnya pengetahuan teknik dasar pertolongan pertama bagi orang awam. Sosialisasi ini, kata dia, penting agar masyarakat mengetahui teknik dasar pertolongan pertama.

    Pelatihan juga mencakup pertolongan pertama untuk sumbatan napas. Tujuannya untuk memberikan sirkulasi sistemik, ventilasi, dan oksigenasi tubuh secara efektif dan optimal.

    Baca juga:  Tim Percepatan Pembangunan Manokwari Fokus Pengembangan Bandara Rendani

    “Kita berharap bisa melaksanakan kegiatan seperti ini dan kita akan berikan ilmu lain di pertolongan, baik di ketinggian maupun pertolongan di air,” ucapnya. (LP3/Red)

    Latest articles

    Panitia HUT PPA Papua Barat Ke-12 dan Natal 2024 Terbentuk, ini...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Perkumpulan Perempuan Arfak (PPA) Provinsi Papua Barat menggelar ibadah rutin yang dirangkai pelantikan Panitia HUT PPA Papua Barat Ke- 12 Tahun dan panitia...

    HERO Siap Tantang BERBUDI di Pilkada Manokwari

    More like this

    Panitia HUT PPA Papua Barat Ke-12 dan Natal 2024 Terbentuk, ini Pesan Ketum Indriyanti Mandacan

    MANOKWARI, linkpapua.com- Perkumpulan Perempuan Arfak (PPA) Provinsi Papua Barat menggelar ibadah rutin yang dirangkai...

    Rikkes Hari Pertama Lancar, Edi Waluyo Akui cukup Melelahkan

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bakal calon Kelala Daerah Manokwari Bernat.S. Boneftar bersama Edi Waluyo sejak Minggu...