28 C
Manokwari
Jumat, Mei 17, 2024
28 C
Manokwari
More

    Kepesertaan BPJamsostek 52.317 pekerja rentan Papua Barat ditanggung Pemprov

    Published on

    MANOKWARI,Linkpapuabarat.com-Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, Kamis (10/12) menandatangani kesepakatan penanggungan 52.317 pekerja rentan sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek).

    “52 317 ini pekerja rentan di sektor formal maupun informal. Mereka tersebar di seluruh kabupaten dan kota,” kata Gubernur.

    Domunggus menjelaskan pembayaran iuran ini dilakukan melalui program tangan kasih yang dilaksanakan Pemprov. Iuran selama satu tahun kedepan akan dibayar melalui APBD.

    Baca juga:  Lantik 3 Kapolres, Kapolda Papua Barat Wanti-wanti Soal Keamanan

    “Setelah penandatangan berita acara kerja sama tadi, dalam waktu dekat anggaranya sudah bisa dicairkan dan akan langsung kita bayarkan,” katanya.

    Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Papua Barat, Frederik Saidui menjelaskan kartu kepesertaan 52.317 pekerja itu segera aktif setelah pembayaran dilakukan.

    Baca juga:  Waterpauw: Fordasi Harus jadi Lompatan Awal Membawa Daya Saing Papua Barat

    “Satu orang kita bayar Rp 201.600 per tahun kepada BPJS Ketenagakerjaan. Tanggungjawab pembayaran pemerintah provinsi yang tanggung, mereka tinggal menikmati haknya,” sebut Saidui.

    Dia menjelaskan pekerja yang terdaftar sebagai peserta BPJamsostek akan mendapatkan sejumlah fasilitas. BPJS Ketenagakerjaan akan menanggung pembiaya pengobatan saat mereka mengalami kecelakaan kerja.

    Baca juga:  Revitalisasi Pasar Sanggeng Dimulai

    “Kalau meninggal akan diberikan satuan yang diserahkan kepada ahli waris. Selain itu anaknya pun berhak mendapat beasiswa dari BPJS Ketenagakerjaan sampai di bangku kuliah,” katanya lagi.

    Saidui berharap pada tahun 2021 pihaknya bisa menambah jumlah peserta dari pekerja rentan yang ditanggung Pemprov Papua Barat.(LPB1/red)

    Latest articles

    Pawai Taaruf Meriahkan MTQ X Teluk Bintuni 2024

    0
    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Plt Sekda Kabupaten Teluk Bintuni, Frans N. Awak, melepas pawai taaruf dalam rangka memeriahkan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) X...

    More like this

    Bawaslu RI Konsolidasi Media Penguatan Pemberitaan Pilkada Serentak 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menggelar konsolidasi media dalam rangka penguatan...

    Nama Tidak Tercantum, Wahidin Puarada Segera Bawa Dokumen Pendaftaran ke DPP PDIP

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Bakal calon gubernur Papua Barat, Wahidin Puarada, mengumumkan akan segera menyerahkan...

    KPK dan SKK Migas Komitmen Lawan Korupsi di Sektor Hulu Migas Papua

    SORONG, linkpapua.com- Direktorat Anti Korupsi Badan Usaha (AKBU) KPK RI melakukan rapat koordinasi (rakor)...