28.6 C
Manokwari
Jumat, Oktober 18, 2024
28.6 C
Manokwari
More

    Dokter Engeline Ingatkan Wanita Manokwari Pentingnya Skrining Kanker Serviks sejak Dini

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com -Dr. Engeline Chelsya Setiawan, pemilik Klinik Kecantikan dr. Eline Aesthetic Center di Manokwari, menekankan pentingnya melakukan Skrining Kanker Serviks sedini mungkin. Kanker Serviks merupakan penyebab kematian nomor dua pada wanita setelah kanker payudara.

    “Kanker serviks itu ganas dan mematikan, tetapi dapat dicegah dengan melakukan skrining dan vaksinasi” ujarnya, Rabu (15/5/2024).

    Dr. Engeline menjelaskan bahwa jika hasil pemeriksaan dinyatakan negatif, maka vaksinasi dapat dilakukan sebanyak tiga kali.

    “Kalau hasil pemeriksaan pap smear-nya negatif, kita dapat langsung vaksin sebanyak tiga kali, yaitu pada bulan 0, 2 dan 6”, timpanya.

    Baca juga:  KPU Resmi Tetapkan Pemungutan Suara Pemilu 14 Februari 2024

    Dia juga menambahkan bahwa anak-anak berusia sembilan tahun sudah bisa diberikan vaksin kanker serviks. Vaksinasi lebih efektif pada anak-anak karena mereka belum melakukan hubungan seksual secara aktif.

    “Anak-anak usia sembilan tahun lebih efektif diberikan vaksin kanker serviks dibanding mereka yang sudah melakukan hubungan seksual aktif. Anak perempuan tidak perlu dilakukan pap smear terlebih dahulu. Karena pap smear dilakukan pada mereka yang sudah berhubungan seksual secara aktif,” jelas Engeline.

    Menurutnya, saat ini program pemerintah untuk melakukan skrining berupa Pap Smear sudah ada yang gratis. Oleh sebab itu, dr. Engeline menyarankan masyarakat untuk melakukan Pap Smear jika statusnya sudah aktif berhubungan seksual dan segera vaksin selagi ada kesempatan.

    Baca juga:  Tim Putri Papua Barat Sapu Bersih Juara Sirnas Seri 1 Voli Pantai

    Engeline menjelaskan gejala kanker serviks tidak terlalu signifikan di stadium awal, namun akan mulai terlihat pada stadium 2b hingga 4 yang sudah parah sehungga terkadang ini justru sudah terlambat.

    Gejala pada organ reproduksi yang perlu diperiksakan sejak awal ke dokter, yaitu perdarahan haid yang tidak normal (berdasarkan durasi, frekuensi dan jumlahnya), nyeri pada saat berhubungan (dispareuni), keputihan yang tidak normal (berbau dan berwarna, gatal, terasa panas), adanya kutil kelamin, nyeri berkemih dsb.

    Baca juga:  Ditembak Dalam Air, Ini Cerita Mengerikan Prajurit TNI yang Lolos dari Amukan OPM di Maybrat

    Dr. Engeline menjelaskan faktor resiko terjadinya kanker serviks yaitu adanya Infeksi Menular Seksual berulang, banyaknya jumlah anak sejak usia ibu masih sangat muda dan hygienitas organ reproduksi yang kurang baik.

    “Jadi, kalau sudah ada gejala-gejala yang disebutkan di atas, sebaiknya dilakukan pemeriksaan,” katanya.

    Sementara itu, dia menyebutkan penyebab utama kanker serviks adalah virus HPV (Human Papilloma Virus), yang ditularkan melalui hubungan seksual. Itu mengapa penting untuk setia pada satu pasangan sehingga resiko terjadinya Ca Cervix pun dapat berkurang.(LP12/Red)

    Latest articles

    Kapolda Isir Tinjau Produksi Surat Suara untuk Pilkada Papua Barat

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Kepala Kepolisian Daerah Papua Barat Irjen Pol. Johnny Eddizon Isir,S.I.K.,M.T.C.P. melaksanakan pengecekan proses percetakan surat suara Pemilihan Cagub dan Cawagub Provinsi Papua Barat...

    More like this

    Kapolda Isir Tinjau Produksi Surat Suara untuk Pilkada Papua Barat

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Kepala Kepolisian Daerah Papua Barat Irjen Pol. Johnny Eddizon Isir,S.I.K.,M.T.C.P. melaksanakan pengecekan proses...

    Hadapi Tantangan Ekonomi, DPM PTSP Papua Barat Harus Dorong Investasi 

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Asisten III Pemprov Papua Barat Otto Parorongan mengatakan, pengelolaan sumber daya alam...

    Senator Papua Barat Tekankan Peran DPD RI Tangani Masalah Pendidikan di Indonesia

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Ketua Komite III DPD RI, Dr. Filep Wamafma mengatakan persoalan Potret...