27.4 C
Manokwari
Minggu, September 29, 2024
27.4 C
Manokwari
More

    Catat Tanggalnya! Launching dan Bedah Buku tentang Barnabas Suebu di Uncen

    Published on

    JAYAPURA, linkpapua.com – Launching dan bedah buku “Mengurai Benang Kusut Keadilan Perkara Barnabas Suebu” akan digelar di Auditorium Universitas Cenderawasih (Uncen), Abepura, Jayapura, Papua, Selasa (14/5/2024).

    Barnabas Suebu, seorang figur politik yang dikenal luas di Papua, telah meninggalkan jejak dalam sejarah politik dan pemerintahan daerah. Sebagai seorang politikus dan diplomat Indonesia, dia pernah menjabat sebagai Gubernur Irian Jaya (1988–1993) dan Gubernur Papua (2006–2011).

    Baca juga:  Wagub Lakotani Minta Kepala Daerah Mulai Terapkan SIPD

    Suebu, alumnus Universitas Cenderawasih pada 1976 dan kemudian lulus sebagai sarjana hukum dari almamaternya pada 1988, telah memiliki karier politik gemilang.

    Dia pernah menjabat Ketua KNPI Irian Jaya (1974-1975), Ketua Umum Kadin Irian Jaya (1981-1987), Ketua DPRD Irian Jaya (1987-1988), penasihat Menteri Riset dan Teknologi, anggota Badan Pertimbangan Pendidikan Nasional (1990-1998), anggota Majelis Pertimbangan Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (1994-1999), Anggota MPR (1997-2002), dan Duta Besar Indonesia untuk Meksiko yang membawahi Meksiko, Honduras, dan Panama (1999-2002). Namun, kariernya tercoreng dengan vonis bersalah atas kasus korupsi pembangunan PLTA Sungai Mamberamo pada 2016.

    Baca juga:  Pj Ketua TP PKK Papua Barat Dorong UMKM Peroleh Legalitas dan Sertifikasi BPOM

    Launching buku “Mengurai Benang Kusut Keadilan Perkara Barnabas Suebu” bertujuan untuk mendalami perjalanan kasus hukum yang melibatkan sosok ini, serta mengulas sistem peradilan di Indonesia.

    Baca juga:  Kampung Banjar Ausoy Teluk Bintuni Resmikan Gedung Kantor Baru

    Acara yang rencananya berlangsung mulai pukul 13.00 hingga 16.00 WIT ini terbuka untuk umum dan setiap peserta akan mendapatkan buku tersebut sebagai doorprise.

    Diharapkan acara ini akan menjadi forum diskusi yang berkualitas dengan kehadiran narasumber-narasumber politik terkemuka baik dari dalam maupun luar Papua. Jangan lewatkan kesempatan ini! Acara akan disiarkan langsung melalui RRI Jayapura.(LP13/Red)

    Latest articles

    Dominggus Mandacan : Hermus dan Mugiyono Anak Saya

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Dominggus Mandacan dan Mugiyono menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W di masjid Al-Azhar Wosi pantai Sabtu (28/9/2024) malam. Dalam sambutan Dominggus Mandacan dihadapan warga...

    More like this

    Dominggus Mandacan : Hermus dan Mugiyono Anak Saya

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Dominggus Mandacan dan Mugiyono menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W di masjid Al-Azhar...

    Kadin Papua Barat Komitmen Berdayakan UMKM yang Dikelola OAP  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kamar Dagang Industri (Kadin) Papua Barat berkomitmen memberdayakan UMKM. Kadin menilai, UMKM...

    Buka LMD I BKPRMI, Mugiyono Pesan Pentingnya Regenerasi Pengurus

    MANOKWARI, Linkpapua.com- DPD Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Manokwari menggelar Latihan Management...