28.5 C
Manokwari
Sabtu, Mei 18, 2024
28.5 C
Manokwari
More

    Januari-April Kejari Teluk Bintuni Tangani 33 Kasus Pidana Umum, 15 Inkrah

    Published on

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com– Kepala Seksi Tindak Pidana Umum (Pidum) Boston Siahaan mengatakan, sepanjang Januari hingga April, pihaknya menerbitkan 33 Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP). Dari ke 33 SPDP, 16 perkara telah naik ke tahap penuntutan dan 15 perkara telah inkrah.

    Baca juga:  Jaringan Damai Papua Minta Jokowi Hentikan Operasi Militer Pasca Pembunuhan 4 Prajurit TNI

    “Di samping perkara di atas ada pula 1 jenis perkara yang diselesaikan melalui restorative justice (RJ),” terang Boston saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (25/4/2024).

    Dijelaskan Boston, dari ke 33 jenis perkara, yang mendominasi yakni perkara narkotika, kemudian miras, disusul dengan perkara pencurian dan perlindungan anak.

    Baca juga:  BKPRMI Manokwari Beri Santunan Kepada Yayasan Ikhsan Al-maun

    Sementara itu soal penyelesaian perkara RJ kata dia, merupakan sebuah proses hukum di mana semua pihak yang berkepentingan dalam pelanggaran tertentu bertemu bersama untuk menyelesaikan secara bersama-sama. RJ ditempuh demi kepentingan bersama sehingga tidak ada lagi pihak yang merasa dirugikan.

    Baca juga:  Pembahasan APBD Bintuni Molor, TAPD Harap Kelar Pekan Depan

    Boston mengimbau masyarakat Teluk Bintuni agar sadar akan hukum. Ia meminta warga menghindari aktivitas yang dapat mengakibatkan terjadinya jeratan hukum.(LP5/Red)

    Latest articles

    Pembukaan MTQ X Teluk Bintuni: Merajut Moderasi dan Toleransi Keagamaan

    0
    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com– Suasana khusyuk terasa di gelanggang Argosigemerai SP 5, Distrik Bintuni Timur, Kabupaten Teluk Bintuni pada Jumat (17/5/2024) malam, Lantunan Ayat Suci Al-Qur'an...

    More like this

    Pembukaan MTQ X Teluk Bintuni: Merajut Moderasi dan Toleransi Keagamaan

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com– Suasana khusyuk terasa di gelanggang Argosigemerai SP 5, Distrik Bintuni Timur, Kabupaten...

    BP Target 2029 Presentase Tenaga Kerja Lokal Capai 85%

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam pelaksanaan IPA Convex 2024 yang digelar di ICE BSD Tangerang, Kathy...

    Kapolda Isir Minta Casis Polri Persiapkan Diri dengan Baik Hadapi Serangkaian Tes

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Kepala Kepolisian Daerah Papua Barat Irjen Pol Johnny Eddizon Isir, S.I.K., M.T.C.P. didampingi...