28 C
Manokwari
Jumat, Mei 17, 2024
28 C
Manokwari
More

    Pemkab dan Pemprov Siapkan Ganti Rugi Warga Terdampak Alihtrase Rendani

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bupati Manokwari Hermus Indou Jumat(19/4/2024) menggelar pertemuan dengan warga terdampak pembangunan alihtrase jalan menuju bandara Rendani.

    Disampaikannya, Pemda Manokwari dan Pemprov Papua Barat juga sudah mengalokasikan anggaran untuk pembayaran ganti rugi ke warga yang terdampak.

    ” APBD di Manokwari untuk membayar ganti rugi tanah itu tahun ini kita sudah siapkan. Total sekitar Rp60 miliar lebih terakumulasi dari APBD Kabupaten Manokwari dan Pemprov Papua Barat,”ungkap Hermus.

    Disampaikannya, dalam tahapan pelaksanaannya Pemkab Manokwari telah bekerjasama dengan Universitas Negeri Papua untuk penyusunan Dokumen Perencanaan Pengadaan Tanah (DPPT) bagi kepentingan umum di Kabupaten Manokwari

    Baca juga:  Lomba Desain Jembatan FKM Tekhnik Sipil Diikuti 11 Perguruan Tinggi

    “Dokumen tersebut 95% telah selesai dan sudah mendapatkan klarifikasi dari masyarakat terkait dengan berapa banyak objek yang dimiliki oleh setiap masyarakat dan juga luasan yang dimiliki oleh masyarakat dari objek-objek tersebut dan semuanya telah terdata dan inventarisasi dengan baik, “ujarnya

    Selain itu, KJPP akan turun untuk melaksanakan penilaian berdasarkan DPPT yang sudah disusun oleh Universitas Negeri Papua yang ditugaskan oleh Pemkab Manokwari

    Baca juga:  Hermus Pimpin Aksi Bersih-bersih Teluk Sawaibu, Ajak Masyarakat Jaga Lingkungan

    “Kita berharap dalam waktu yang tidak terlalu lama di awal atau akhir bulan Mei nanti peresmian atau peletakan baru pertama pembangunan alihtrase jembatan dan juga jalan menuju bandara juga sudah bisa dilaksanakan karena sumber keuangan dari APBN kita khususnya melalui kementerian PUPR sudah sudah tersedia.

    Dikatan Bupati, pengadaan tanah untuk aliterase jalan dan jembatan sendiri ini kemudian dibagi dalam 4 segmen. Segmen pertama yaitu dari ujung bandara sampai dengan kediaman dan juga lahan yang dimiliki oleh Daud Indou dan juga ada 14 kepala keluarga dan itu yang akan dilakukan pada tahap pertama.

    Baca juga:  Hermus akan Buka Tabungan Pelajar: Tak Boleh Ada Lagi yang Putus Sekolah

    “Tahap kedua akan kita lanjutkan sampai ke beringin, tahap ketiga itu kita lanjutkan dari beringin sampai ke BCA untuk memastikan bahwa akses jalan dan juga infrastruktur menuju Bandar Rendani itu sudah dipastikan dua jalur dengan infrastruktur yang jauh lebih baik,”tutupnya.(LP3/Red)

    Latest articles

    Pawai Taaruf Meriahkan MTQ X Teluk Bintuni 2024

    0
    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Plt Sekda Kabupaten Teluk Bintuni, Frans N. Awak, melepas pawai taaruf dalam rangka memeriahkan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) X...

    More like this

    Pawai Taaruf Meriahkan MTQ X Teluk Bintuni 2024

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Plt Sekda Kabupaten Teluk Bintuni, Frans N. Awak, melepas pawai...

    Bawaslu RI Konsolidasi Media Penguatan Pemberitaan Pilkada Serentak 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menggelar konsolidasi media dalam rangka penguatan...

    Pasca Autopsi, Penyebab Meninggalnya Yahya Mulai Terkuak

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Misteri penyebab meninggalnya Yahya Sayori yang ditemukan meninggal dunia di hutan Anggori...