27.2 C
Manokwari
Jumat, Mei 17, 2024
27.2 C
Manokwari
More

    Cuaca Ekstrem Berlanjut, Markus Waran Ingatkan Potensi Banjir-Longsor

    Published on

    MANSEL,Linkpapua.com– Cuaca ekstrem diprediksi masih akan menyelimuti wilayah Manokwari Selatan dalam beberapa pekan ke depan. Pemerintah daerah mengingatkan warga agar mewaspadai potensi banjir dan longsor.

    “Saya mengajak kepada seluruh forkopimda di lingkungan Pemkab Manokwari Selatan untuk menyampaikan kepada seluruh masyarakat yang tinggal dekat bantaran sungai dan pegunungan untuk waspada terhadap potensi banjir serta longsor. Mengingat cuaca ekstrem yang terjadi belakangan,” ujar
    Bupati Mansel Markus Waran, Selasa (9/4/2024)

    Baca juga:  Rakorwil Partai Nasdem Papua Barat Hasilkan 9 Rekomendasi

    Waran juga menyampaikan bahwa baru saja wilayah Manokwari Selatan diguncang gempa. Meski tak berpotensi tsunami, fenomena ini patut diwaspadai.

    “Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat beberapa jam lalu terjadi gempa bumi 6.1 skala rikter (SR) arah laut Manokwari Selatan. Dari hasil koordinasi kami dengan BMKG wilayah Jayapura yang berada di Ransiki bahwa tidak ada gempa susulan. Tetapi kita tetap harus waspada,” pintanya.

    Baca juga:  Teluk Bintuni Kirim 12 Atlet Pencak Silat Ikuti Seleksi Pra-PON dan Kejurnas

    Dijelaskan Markus, dalam beberapa hari curah hujan di Mansel cukup tinggi. Cuaca ekstrem ini masih berpotensi berkepanjangan.

    “Oleh sebab itu, selaku kepala wilayah pemerintahan saya mengimbau kepada seluruh warga masyarakat khususnya yang tinggal di gunung-gunung hati-hati jangan sampai curah hujan tinggi dan terjadi longsor. Serta masyarakat yang berada di bantaran sungai waspada jangan tidur terlalu lelap karena curah hujan tinggi bisa terjadi banjir akibat curah hujan. Begitupun dengan masyarakat di pesisir pantai dan lembah-lembah,” paparnya.

    Baca juga:  Sah! Pemda Manokwari Selatan Setujui Anggaran Pilkada 2024 Rp20 M

    Waran juga mengingatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar mengambil langkah langkah antisipasi dini. Langkah mitigasi diperlukan untuk meminimalisir risiko.  (LP11/red)

    Latest articles

    KPU Teluk Bintuni Nyatakan Berkas 2 Bapaslon Independen TMS

    0
    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - KPU Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, menyatakan berkas dukungan dua bakal pasangan calon (bapaslon) yang sedianya maju lewat jalur independen...

    More like this

    KPU Teluk Bintuni Nyatakan Berkas 2 Bapaslon Independen TMS

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - KPU Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, menyatakan berkas dukungan dua...

    Jelang Pembukaan MTQ X Teluk Bintuni, Dewan Hakim dan Panitera Dilantik

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat,...

    Polresta Manokwari Simulasi Pengamanan Pilkada 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Polresta Manokwari melaksanakan simulasi pengamanan pemilihan kepala daerah Manokwari pada Kamis (16/5/2024)...