26.2 C
Manokwari
Kamis, Mei 2, 2024
26.2 C
Manokwari
More

    Keamanan Manokwari dan Pegaf cukup kondusif

    Published on

    MANOKWARI,Linkpapuabarat.com-Situasi keamanan di Kabupaten Manokwari dan Pegunungan Arfak menjelang pelaksanaan Pilkada serentak 9 Desember cukup kondusif.

    Kapolres Manokwari, AKBP Dadang Kurniawan Senin (7/12) mengutarakan, menjelang Pilkada penebalan pasukan telah dilakukan di dua daerah ini. Untuk pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) pihaknya menyiapkan 493 personil di Manokwari serta 196 di Pegunungan Arfak. Setiap TPS masing-masing akan dijaga satu personil Polri.

    “Kami juga dapat bantuan personil BKO sebanyak 346 personil dari Sabara Polda Papua Barat serta 79 personil dari Sorong untuk membantu pengamanan wilayah kota,” katanya.

    Baca juga:  DPR PB-Gubernur Setuju, Perda RTRW Ditarget Disahkan Maret

    Dari Brimob, lanjut Dadang, Polres Manokwari mendapat bantuan 200 personil. Mereka pun dipersiapkan untuk membantu pengamanan wilayah kota.

    “200 personil Brimob ini khusus untuk Manokwari. Nanti akan kami tempatkan di sejumlah Polsek untuk antisipasi kerawanan saat dan pasca pemungutan suara,” demikian Kapolres Manokwari.

    Sejak November hingga awal Desember ini situasi keamanan di dua daerah ini cukup kondusif. Meskipun masih ada tindak kriminalitas namun hal itu dapat dikendalikan.

    Baca juga:  Papua Barat Siap Laksanakan UN

    Dadang mengungkapkan bahwa isu terkait deklarasi pemerintahan Papua Barat yang dilakukan Benny Wenda beberapa waktu lalu tidak berdampak terhadap situasi keamanan di Manokwari. Begitu pula terhadap proses Pilkada di daerah itu.

    Kendati demikian pihaknya tetap melakukan langkah antisipasi. Dengan dukungan Polda Papua Barat, patroli cyber terus dilakukan untuk mencegah kemungkinan buruk yang dapat terjadi.

    Selain itu, lanjut Kapolres, pihaknya terus membangun koordinasi serta kedekatan dengan para pemuka serta tokoh adat, masyarakat juga tokoh pemuda di daerah itu.

    Baca juga:  Upacara HUT Ke-51 Korpri, Pj Sekda Papua Barat Sampaikan Lima Pesan Penting

    “Dari beberapa dekade belakangan ini sudah ada empat person yang menyatakan diri sebagai presiden west Papua. Sejauh ini keamanan tidak terganggu dan saya yakin masyarakat sudah paham,” ucap Dadang lagi.

    Polres Manokwari, lanjut Kapolres, terus berupaya memberikan pemahaman kepada semua pihak. Begitu pula melakukan langkah antisipasi keamanan akibat isu tersebut. (LPB1/red)

    Latest articles

    Hadiri Halal Bi Halal KKSM, Hermus Dinobatkan jadi Warga Kehormatan

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Bupati Manokwari Hermus Indou menghadiri halal bi halal Kerukunan Keluarga Surabaya Manokwari (KKSM) di Hotel Valdos, Manokwari, Rabu (1/5/2024). Di kesempatan itu...

    More like this

    Universitas Caritas Papua Indonesia Resmi Hadir di Manokwari, Buka 5 Prodi

    MANOKWARI,linkpapua.com- Universitas Caritas Indonesia (UNCRI) secara resmi hadir di Kabupaten Manokwari tahun akademik 2024-2025....

    Hari Buruh, Pesan Pj Gubernur Ali Baham: Perjuangkan Keselamatan-Kesehatan Kerja!

    MANOKWARI,linkpapua.com- 1 Mei 2024 hari ini diperingati sebagai Hari Buruh Internasional. Pemprov Papua Barat...

    Pisah Sambut Pangdam Kasuari: Mayjen Ilyas Pamit, Mayjen Haryanto Lanjutkan Estafet

    MANOKWARI,linkpapua.com- Kodam XVIII Kasuari menggelar acara pisah sambut Pangdam XVIII Kasuari di Makodam Kasuari,...